Dari BMT NU untuk Siswa Berprestasi

bmtnujatim.com - Sekian banyak penyaluran maal yang diterapkan BMT Nuansa Umat Jawa Timur, salah satunya adalah Cinta Siswa Berprestasi yang dikemas dalam program maal Senyum Cinta.

Ahad (26/6/2022), BMT NU Cabang Pasean Pamekasan menjalankan program Cinta Siswa Berprestasi di dua acara Haflatul Imtihan. Reward siswa berprestasi berupa uang tunai tersebut diserahkan langsung oleh pengelola cabang.

Salah satunya Haflatul Imtihan di Pondok Pesantren Al-Mukarromah Desa Batukerbuy Kecamatan Pasean mengukir cinta siswa berprestasi untuk 7 orang.

Hal ini dilakukan dengan harapan semoga Pondok Pesantren Al-Mukarromah dapat bergabung dengan BMT NU khususnya di tabungan lembaganya.

“Saya harapkan dengan adanya santunan ini semakin menambah semangat siswa untuk belajar dan lebih jauh dari itu, lembaga ini akan bergabung dengan BMT

Bantu Renovasi Madrasah, BMT NU Serahkan Dana Waqaf

bmtnujatim.com - Setelah Program Infaq Senyum Cinta, BMT NU juga terus melancarkan penyalran dana Waqaf Mari Bina Umat Kami.

BMT NU Cabang Bluto menyerahkan semen 30 sak untuk renovasi salah satu lembaga pendidikan di Desa Sera Barat teatnya adalah Yayasan Mambaul Hikmah, Senin (27/6/2022).

Kepala BMT NU Cabang Bluto, Zainal Fatah menyatakan bahwa penyaluran ini merupakan program Madrasah Berseri yang bersumber dari dana maal dan pihaknya akan terus meningkatkan penghimpunan untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan.

“Program maal akan terus kami tingkatkan di penghimpunan dan penyalurannya, ini salah satu ikhtiar kami untuk terus mendekatkan diri kepada masyarakat dalam segi sosial,” Ujarnya.

Selain itu, Fatah juga berharap agar masyarakat bias merasakan manfaat hadirnya BMT NU yang juga memperhatikan segala bentuk kebutuhan sosial dan pendidikan.

Menuju 100 Cabang, BMT NU Kembali Launching Dua Kantor Cabang di Banyuwangi

bmtnujatim.com - Menuju 100 cabang BMT Nuansa Umat Jawa Timur pada tahun 2023 sebagai hadiah terbaik untuk 100 tahun usia Nahdlatul Ulama, kini kembali meresmikan dua kantor cabang di Kabupaten Banyuwangi, Selasa (28/6/2022).

Launching kantor Cabang di Kecamatan Muncar dan Cluring itu berlangsung dengan khidmat yang didukung penuh oleh PCNU Banyuwangi dan MWC NU setempat.

Cabang Muncar yang merupakan cabang ke-93 itu dihadiri langsung oleh Direktur Utama, H. Masyudi Kanzillah, Ketua Pengawas Pusat, Pengurus MWC NU Muncar, Forkopimcam dan warga sekitar yang sangat antusias menyambut hadirnya BMT NU.

“Penantian yang cukup panjang sejak tahun 2017 hingga 2022, akhirnya BMT NU Cabang Muncar dilaunching, dengan harapan seluruh pengurus NU harus menjadi anggota BMT NU,” Tutur Ketua MWC NU Muncar, Kiai Hanif.

Di samping itu, Camat Muncar, H. Sulaiman mengajak seluruh

Rihlah ke Pesantren Syarifuddin, Masyaikh Berikan Tips agar Mampu Berdaya Saing

bmtnujatim.com - Hari Jadi BMT Nuansa Umat Jawa Timur tinggal menghitung hari, kegiatan rihlah pengelola masih terus dilaksanakan. 

Ahad (26/6/2022), BMT NU Jawa Timur melaksanakan rihlah ke Pondok Pesantren Sarifuddin Lumajang. 

Kedatangan pengelola disambut baik oleh pihak pesantren yang dilanjutkan dengan penyampaian taujihal wal irsyadat oleb Rektor IAI Syarifuddin Lumajang, Drs. KH. Satuyar Mufid, MA. 

Beliau menegaskan bahwa keuangan syariah sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah meningkatnya perilaku masyarakat terhadap transaksi secara syariah. 

Namun menurut beliau, syariah yang dimaksud tidak hanya syariah secara nama tetapi juga harus syariah dalam praktiknya dan BMT NU harus mengamalkannya. 

"Santri harus mendukung setiap perilaku syariah termasuk dalam hal ekonomi, seperti halnya BMT NU," Ungkap beliau setengah menasihati. 

Beliau menyampaikan ada beberapa hal yang harus dilakukan agar lembaga keuangan bisa berdaya saing, diantaranya adalah mengkaji kelebihan dan kelemahan kompetitor serta muhasabah kelembagaan. Kemudian memaksimalkan sosialisasi, evaluasi dan inovasi. Namun hal penting seperti keterbukaan terhadap kritik yang konstruktif juga tidak boleh ditinggalkan. 

"Kita jangan hanya bisa melarang masyarakat untuk

Rihlah BMT NU Jatim, Pesan Pengasuh: Jujur dalam Setiap Tindakan

bmtnujatim.com - Rihlah Sanad Perjuangan Pengelola kembali dilakukan oleh BMT Nuansa Umat Jawa Timur jelang Hari Jadinya yang ke-18 ke Pondok Pesantren Ash-Shirojiyah Kabupaten Sampang. 

Seperti biasanya, rihlah didampingi oleh Direksi dan Manager Area setempat dengan melakukan ziarah terlebih dahulu, Ahad (26/6/2022).

Pengasuh Pondok Pesantren Ash-Shirojiyah, KH. Atoulloh Bushiri menyampaikan beberapa hal dalam taujihadnya. 

Bagi beliau, ziarah ke maqbarah muassis NU dan Pondok Pesantren Ash-Shirojiyah merupakan hadiah emas yang dihadiahkan untuk orang yang sudah di alam barzah dan hal ini dilakukan oleh pengelola BMT NU Jawa Timur. 

"Pengelola BMT NU Jawa Timur yang mayoritas berlatar belakang santri harus selalu berpegang teguh terhadap kejujuran dan menjadikan kejujuran sebagai dasar dalam setiap tindakannya," dawuh beliau. 

"Tutup telingan dengan mengabaikan cacian dan hinaan dari orang-orang sekitar dengan terus melakukan hal-hal yang memiliki nilai kemanfaatan," tuturnya lagi. 

Selain menjadikan jujur sebagai pkondasi dan pedoman, pengelola BMT NU Jawa Timur juga diharuskan agar kompeten dalam segala hal. 

"Meskipun banyak masalah internal yang menjadi kendala, harus sigap mencari celah untuk bisa mencari solusi penyelesaian

BMT NU Salurkan Satu Truk Pasir untuk Tempat Wudlu dan Toilet Masjid

bmtnujatim.com - Grebek maal terus dilakukan dalam upaya memaksimalkan program maal yang merupakan program prioritas BMT Nuansa Umat Jawa Timur dan kali ini kembali dilakukan penyaluran oleh BMT NU Cabang Balung Jember. 

Rabu (22/6/2022) BMT NU Cabang Balung menyerahkan satu truk pasir untuk pembangunan tempat wudlu dan toilet Masjid Riyadus Sholihin Desa Karangsemanding Kecamatan Balung. 

Bantuan tersebut murni bersumber dari dana maal BMT NU yang diserahkan langsung oleh Kepala BMT NU Cabang Balung, Rendi Maulana. 

Rendi berharap manfaat BMT NU Jawa Timur terus dirasakan oleh masyarakat baik melalui program maalnya maupun hal lain yang bersifat positif. 

"Jika manfaat BMT NU terus dirasakan oleh masyarakat, hal ini akan meningkatkan trust masyarakat terhadap BMT NU," ujarnya.

Ketua Panitia pembangunan, Museni mengucapkan banyak terima kasih dan mengaku sangat terbantu oleh BMT NU. 

"Saya tidak ragu lagi membuka rekening di BMT NU atas nama masjid yang akan kami gunakan untuk tabungan dana masjid," tuturnya. 

Museni menyatakan bahwa BMT NU Cabang Balung sudah berkali-kali ikut andil dalam pembangunan masjid dengan program maalnya dan berkeyakinan bahwa masyarakat Balung telah banyak merasakan manfaat BMT NU. 

Rihlah ke Pesantren Nurul Jadid Paiton, Masyaikh Tegaskan Khidmat di BMT NU Wujud Kemuliaan

bmtnujatim.com - Masih di momentum Rihlah Sanad Perjuangan Pengelola, rihlah ke-10 ke Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Selasa (21/6/2022).

Turut hadir dalam acara, Direktur Utama BMT NU Jawa Timur H. Masyudi Kanzillah, Direksi, Manager Area, dan seluruh pengelola area Probolinggo yang juga merupakan alumni pondok besar itu.

Kesempatan rihlah tersebut ditemui langung oleh Wakil Kepala Pesantren Nurul Jadid, KH. Najiburrahman Wahid yang sekaligus memberikan taujihad wa irsyadat kepada pengelola.

Perbincangan santai dengan pengelola menciptakan suasana yang tenang sehingga mampu menyiram kembali semangat yang beberapa bulan terakhir hampir redup karena kejenuhan.

Menurut keterangan KH. Najiburrahman Wahid, walaupun BMT NU bukan bagian struktural NU tapi ini adalah asset dan potensi yang dimiliki oleh NU.

Masyayikh PP. Darussalam Sebut BMT NU Jawa Timur Malaikat Penolong

bmtnujatim.com - Usai rihlah ke PP. Darul Falah Bondowoso kemarin, Ahad (19/6/2022), hari ini dilanjutkan rihlah ke PP. Darussalam Banyuwangi yang merupakan rihlah ke-9 menjelang hari jadi BMT Nuansa Umat Jawa Timur ke-18, Senin (20/6/2022).

Rihlah pengelola itu dipimpin oleh Direksi dan Manager Area Banyuwangi ke salah satu pondok besar di Banyuwangi dan ditemui oleh KH. Ali Asyiqin. 

Dalam kesempatan berharga ini, KH. Ali Asyiqin mengutarakan bahwa beliau sangat senang pengelola BMT NU berlatar belakang santri. 

Bagi beliau, BMT NU adalah jawaban dari kegelisahan ulama karena mampu mensinergikan ilmu dunia dan ilmu akhirat. 

"Pepatah bijak mengatakan, ilmu dunia bagaikan kaki kiri, ilmu akhirat bagaikan kaki kanan. Jika berjalan dengan satu kaki maka akan pincang, tetapi keduanya bersinergi dalam BMT NU," dawuhnya. 

Dalam penuturannya, pekerjaan, materi dan uang tidak selamanya hanya dikaitkan dengan urusan dunia tetapi semua itu dijadikan washilah untuk bekal akhirat. 

"BMT NU Jawa Timur merupakan malaikat penolong bagi alumni pesantren dan santri yang memiliki skill dan kreatifitas," tambahnya lagi. 

Kepala Bidang Kepesantrenan itu juga mengatakan bahwa dunia akan berdiri tegak dengan empat hal, diantaranya adalah ulama, pemimpin ya

BMT NU Wujudkan Impian Anggota

bmtnujatim.com - Sekian banyak anggota BMT Nuansa Umat Jawa Timur menyaksikan bahwa BMT NU adalah solusi bagi pelaku ekonomi di seluruh kalangan.

BMT NU Cabang Batang-Batang merupakan cabang senior yang didirikan dengan jumlah anggota saat ini tidak diragukan lagi jumlahnya.

Chandra Febriyanto warga asli Batang-Batang Daya memantapkan dirinya menjadi anggota BMT NU Cabang Batang-Batang pada tahun 2019 diawali dengan meminjam modal untuk usahanya dan istiqamah menabung stiap hari.

Menurut keterangan Bagian Pembiayaan, istrinya juga penabung aktif yang tabungannya konsisten dijemput oleh petugas.

Awalnya Chandra bekerja di konter dengan gaji bulanan layaknya seorang buruh. Di samping itu, ia membuka jasa kredit hp di rumahnya.

“Akhirnya saya memiliki inisiatif untuk membuka konter sendiri dengan modal pinjam

Rihlah ke PP. Darul Falah, Begini Pesan Pengasuh

bmtnujatim.com - Rihlah Sanad Perjuangan Pengelola yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali masih berlanjut mendekati hari jadi BMT Nuansa Umat Jawa Timur ke -18.

Ahad (19/6/2022), BMT NU Jawa Timur khususnya area Bondowoso meminta taujihad wa irsyadad kepada Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Bondowoso, KH. Abd. Qodir Syam. 

Dalam rihlah, pengelola didampingi oleh Direksi dan Manager Area Bondowoso dengan sambutan antusias dari pihak pesantren hingga acara usai di dhalem pengasuh. 

Selama rihlah berlangsung, pengasuh berharap pengelola tetap meneguhkan nilai-nilai kesantrian utamanya dalam hidup bermasyarakat. 

"Di tengah sibuknya aktivitas hidup bermasyarakat jangan sampai menghilangkan jati diri seorang santri," pesan kiai. 

Beliau kembali berpesan agar pengelola senantiasa memohon petunjuk kepada Allah semoga dikuatkan iman, istiqamah dalam mendidik diri sendiri, dan mengikuti amalan-amalan sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah, sahabat, syuhada' dan orang-orang shaleh. 

"Menjadi orang shaleh bukan hanya melaksanakan shalat, melakukan transaksi dengan benar dan datang tepat waktu ke kantor juga termasuk amal shaleh," dawuhnya lagi seraya menasihati. 

Dalam penyampaian hangatnya itu, KH. Abd. Qodir Sy