BMT NU Sebagai Lentera Bagi Pelaku Ekonomi Menengah ke Bawah

bmtnujatim.com - Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wa At-Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) Jawa Timur sebagai lembaga keuangan yang hadir untuk kemandirian ekonomi warga NU terus menjadi lentera sesuai dengan misinya. 

Salah satu cabangnya di Kabupaten Lumajang tepatnya Kecamatan Klakah yang didirikan tahun lalu telah banyak merangkul anggota dari kalangan pelaku ekonomi khususnya pedagang kali lima. 

Salah satunya adalah Juhariyah. Pemilik usaha produksi kerupuk yang beralamat di Jalan Saunah Desa Klakah ini menjadi penabung BMT NU yang dijemput setiap hari. 

Bagi hasil yang ia terima dari BMT NU adalah cemeti semangat untuk terus menabung. 

"Saya tambah semangat menabung karena bagi hasilnya, selain BMT NU tidak ada lembaga keuangan yang memberikan bagi hasil," Ungkap Juhariyah. 

Selain bagi hasil, menurut Juhariyah jasa jemputan tabungan merupakan poin plus bagi lembaga yang didirikan tahun 2004 ini. 

"Saya tidak perlu meluangkan waktu untuk jalan ke kantor, cukup beraktivitas seperti biasanya tetapi tabungan terus bertambah," Tambahnya lagi. 

Bangun Relasi, Cabang Tlogosari Pasarkan Produk BMT NU

bmtnujatim.com - Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wa At-Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) Cabang Tlogosari Bondowoso secara intensif membangun komunikasi baik dengan Ketua Ranting Desa Trotosari sehingga mendapat kesempatan memasarkan produk BMT NU kepada anggota muslimat setempat, Selasa (21/9/2021). 

Kegiatan tersebut bertempat di Pesantren Darul Ulum Desa Trotosari dengan dihadiri oleh anggota muslimat dan tetangga sekitar. 

"Alhamdulillah kami disambut baik oleh warga Desa Trotosari dan dari pemasaran kami banyak ibu-ibu yang berminat bergabung menjadi anggota dan penabung aktif BMT NU," Ungkap Fawaid Kepala BMT NU Cabang Tlogosari Bondowoso. 

Menurut keterangan Fawaid, warga Trotosari mengaku tidak pernah ada lembaga keuangan yang melayani antar jemput tabungan setiap hari dari rumah ke rumah. 

Seusai menyampaikan produk BMT NU, warga yang hadir di kegiatan tersebut termasuk anggota muslimat berminat untuk menjadi anggota BMT NU dengan alasan dasarnya karena sesuai dengan syariah dan aman serta menguntungkan. 

"Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pengelola, menjadi anggota BMT NU sama halnya dengan menghidupkan perjuangan NU dan memberikan hak anak yatim dan kaum dluafa, ini salah satu alasan mendasar saya bergabung menj

BMT NU Promosikan Produk Anggota LASISMA

bmtnujatim.com - Seorang anggota LASISMA Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wa At-Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) Cabang Grujugan Bondowoso mengutarakan bagaimana keuntungan menjadi anggota BMT NU. 

Ibu dengan nama lengkap Erma Nur Aini ini merupakan pengrajin sapu. Ia memiliki banyak pekerja yang juga merupakan anggota LASISMA. 

"Dulu saya pernah ditawarkan pinjaman oleh koperasi mingguan tapi jasanya mahal, Alhamdulillah ada BMT NU yang meminjamkan modal tanpa jaminan," Ungkap Erma. 

Penjualan sapunya semakin banyak setelah ada tambahan modal dari BMT NU karena BMT NU bukan hanya memberikan pinjaman tetapi juga membantu mempromosikan produk sapunya. 

"Bonusnya disini kami dibantu promosi oleh BMT NU, jadi omset kami bertambah dan pelanggan semakin banyak," Aku Erma. 

Selain itu, menurut Erma BMT NU adalah ladang pahala baginya dan teman-temannya karena setiap minggu membaca shalawat nariyah dan bisa bersedekah membantu anak yatim dan kaum dluafa meski hanya Rp. 500.

Di sisi lain, ada seorang anggota BMT NU Cabang Kendit Situbondo bernama Lutwati. Ia juga anggota LASISMA. 

Gedung II Kantor Pusat BMT NU Jawa Timur Resmi Dilaunching

bmtnujatim.com - Seiring dengan perkembangannya Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wa At-Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) Jawa Timur terus meningkatkan infrastruktur untuk meningkatkan service excellence demi terwujudnya kemandirian ekonomi warga NU. 

Lembaga keuangan yang didirikan tahun 2004 oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gapura itu telah meresmikan Gedung II Kantor Pusat BMT NU Jawa Timur, Jumat (17/9/2021). 

Direktur Utama KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur H. Masyudi Kanzillah menuturkan bahwa pembangunan gedung II itu dimulai pada bulan Desember 2020.

Menurutnya, gedung II ini dibangun karena di gedung pertama sudah tidak mampu menampung jumlah pengelola yang kian meningkat seiring dengan perkembangan BMT NU. 

"Kantor lama kami fungsikan untuk seluruh staff, sedangkan di kantor baru dengan tiga lantai untuk Direktur, Divisi dan Direktur Utama," Jelasnya. 

"Karena semakin banyak kantor cabang, pengelola pusat tentunya terus bertambah," Tambah masyudi yang juga sebagai Wakil Bendahara Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep itu. 

"Saat ini jumlah kantor cabang sebanyak 76 dan Insya Allah sampai akhir tahun 2021 akan memiliki 87 cabang," Tutur beliau di tengah sambutannya. <

Peran BMT NU, dari Warung Kopi hingga Nasi

bmtnujatim.com - Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wa At-Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) yang dikenal di Jawa Timur ini tidak hanya lembaga yang tampil di kalangan pelaku ekonomi menengah tetapi juga pelaku usaha kecil seperti warung kopi, mie ayam, bakso, nasi dan lain-lain. 

Hal tersebut diakui oleh Sumistri, warga asli Desa Ponteh Kecamatan Galis Pamekasan. 

Ibu yang menjadi anggota kelompok LASISMA sejak 2018 lalu mengaku sangat tertolong oleh BMT NU. 

Ia memiliki usaha warung kopi yang sekarang sudah bisa berjualan nasi berkat modal dari BMT NU. 

"Awalnya warung saya hanya berjualan kopi, setelah mendapat pinjaman modal dari BMT NU saya berjualan nasi dan Alhamdulillah ramai" Akunya. 

Selain pinjaman kelompok, ia juga menabung dengan jemputan setiap hari untuk angsuran pembiayaan setiap bulannya. 

Sama halnya dengan Kartini, penjual nasi pecel. Dirinya adalah anggota BMT NU Cabang Lenteng Sumenep. 

"Sepertinya hanya di BMT NU yang bisa memberikan modal tanpa jaminan untuk masyarakat, usaha saya makin rame tiap hari" Ujar Kartini. 

Menurutnya ya

Tim Pembiayaan Persembahkan Peningkatan 37.34% pada Quartal II

bmtnujatim.com - Hasil rapat quartal II Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wa At-Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) mengalami peningkatan pada aspek lending sebesar 37,34% menurut keterangan Direktur Bisnis pada materinya di Aula Bintang Sembilan pada Jumat (10/9/2021).

Rapat kali ini bersama Bagian Pembiayaan dengan tujuan mengevaluasi kinerja dan memupuk semangat agar terus meningkatkan produktivitas ke depan. 

Direktur Bisnis, Deni Firdaus menegaskan Bagian Pembiayaan wajib memberikan pelayanan terhadap mitra yang sesuai dengan tagline Tim Lending yaitu Proses Cepat No Riba.

"Cepat bukan berarti keluar dari jalur melainkan harus tetap sesuai jalurnya agar tidak hanya cepat namun juga tepat tentu dengan penerapan akad yang tepat pula," Ujar Deni. 

Suhairi sebagai pemateri dalam kesempatan ini juga turut memberikan motivasi bagaimana menata mental dan mengendalikan emosi. 

"Bagian Pembiayaan harus mampu menahan mental dan mengendalikan emosi saat melakukan kunjungan pembiayaan bermasalah karena energi positif dalam pikiran akan memancarkan vibrasi yang positif pula pada lawan bicara kita," Nasihat Suhairi. 

Lending yang mengalami peningkatan ini menjadi angin segar bagi keluarga besar BMT NU terutama bagi

Quartal II, BMT NU Miliki 6.992 Kelompok Binaan

bmtnujatim,com - Rapat quartal II bersama Bagian LASISMA di Aula Bintang Sembilan mencatat beberapa evaluasi dari hasil pencapaian sejak quartal I pada Kamis (9/9/2021). 

Rapat yang digelar selain sebagai wadah evaluasi ini juga untuk menyusun strategi kinerja memantapkan pencapaian target cabang mendatang. 

Direktur Bisnis, Deni Firdaus sebagai pemateri banyak memberikan suntikan semangat untuk Tim LASISMA terutama dalam hal meningkatkan kedisiplinan, memperhatikan target yang harus dicapai dan hati-hati menjaga asset BMT NU. 

"Antara pencapaian target dan pengamanan asset harus berjalan seimbang bukan karena dikejar target lalu mengenyampingkan kehati-hatian dalam menyalurkan pembiayaan LASISMA," Ucapnya. 

Penerapan akad secara syariah juga ditekankan kepada Tim LASISMA pada kesempatan rapat evaluasi ini agar tidak terjatuh pada praktek riba sehingga pendapatan BMT NU lebih barakah. 

Dalam materi yang disampaikan oleh Deni, pembiayaan LASISMA meningkat sebesar 40.79% dan FORSA (Forum Silaturahim Anggota) meningkat 23.03%.

Sejak Quartal II FORSA berjumlah 6.992 dengan jumlah anggota FORSA mencapai 34.607.

"Semua Tim LASISMA harus berpegang teguh pada SOM dan SOP yang berlaku di BMT NU sehingga pembiayaan LASISMA bisa menjadi salah

Teller dan Staff Layanan BMT NU Jawa Timur Tingkatkan Keanggunan dan Keramahan

bmtnujatim.com - Suasana rapat quartal II bersama Teller dan Staff Layanan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wa At-Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) Jawa Timur pada Rabu (8/9/2021) yang bertempat di Aula Bintang Sembilan bersama Dewan Direksi merupakan wadah evaluasi dan media silaturrahim. 

Rapat berlangsung lancar dengan materi yang disampaikan oleh seluruh Direktur BMT NU Jawa Timur. 

Direktur Operasional dan Umum, Sofiyanto menuturkan pelayanan Teller dan Staff Layanan mengalami peningkatan dari survei quartal sebelumnya. 

"Kabar baik untuk kita semua, sesuai data survei kepuasan anggota dan mitra pelayanan Teller dan Staff Layanan mengalami peningkatan dari quartal I," Ujarnya. 

Dirinya berharap hal ini terus ditingkatkan terkait dengan keramahan dan keanggunan Teller dan Staff Layanan agar anggota dan mitra merasa senang saat transaksi berlangsung. 

Rapat ini juga diisi oleh Direktur Utama H. Masyudi Kanzillah. "Teller dan Staff Layanan adalah wajahnya BMT NU, ketika wajah tersenyum semua akan turut bahagia, tugas kalian adalah bagaimana terus semakin meningkatkan keanggunan dan keramahan sebagai wajah BMT NU," Nasihat beliau kepada peserta rapat.

Funding BMT NU Jawa Timur Meningkat 56,99% pada Quartal II

bmtnujatim.com - Rapat quartal II yang diselenggarakan oleh Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal WA At-Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) Jawa Timur pada Selasa (7/9/2021) bersama Bagian Tabungan di Aula Bintang Sembilan berlangsung khidmat. 

Rapat ini sebagai media silaturrahim dan media evaluasi terhadap kendala yang dialami saat melaksanakan tugas untuk pengembangan dan pencapaian target. 

Direktur Bisnis, Deni Firdaus dalam keterangannya berharap rapat quartal II ini menjadi jembatan untuk menemukan solusi dan menentukan strategi agar ke depan bisa melangkah pasti dengan inovasi untuk melejitkan perkembangan dan pencapaian target tahun buku 2021.

"Semangat tetap dipertahankan dan kerjasama yang baik agar terus ditingkatkan karena dengan bekerjasama semua akan menjadi mudah," Tutur Deni seraya menyemangati peserta rapat. 

Ia juga menambahkan bahwa menjadi seorang pejuang harus bisa menentukan strategi dan langkah yang tepat agar bisa benar-benar menjadi sosok yang bermanfaat. 

Selama rapat berlangsung Direktur Bisnis memaparkan perkembangan anggota dan tabungan sejak Quartal I bulan Mei lalu. 

Anggota mengalami perkembangan sebesar 41.91%, Penabung 25.43% dan Mitra 22.18%. 

Lebih jauh dari itu Simpanan Anggo

Quartal II, Laba BMT NU Jawa Timur Meningkat 29.46%

bmtnujatim.com - Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Maal wa At-Tamwil (BMT NU) Jawa Timur gelar rapat quartal sebagai wadah evaluasi kantor cabang selama empat bulan sejak quartal 1 pada bulan Mei lalu. 

Rapat ini bertempat di Aula Bintang Sembilan yang dihadiri oleh Dewan Direksi dan Bagian Keuangan da Administrasi seluruh cabang BMT NU Jawa Timur pada Senin (6/6/2021). 

Rapat ini digelar dengan tujuan sebagai media evaluasi serta perumusan strategi pengembangan kantor cabang selama empat bulan berikutnya. 

Seluruh Direktur menyampaikan materi terkait dengan tupoksi masing-masing. 

Dalam hal ini Direktur Keuangan Hendri Hendarto menyampaikan laporan peningkatan asset dan laba. 

"Alhamdulillah asset ada peningkatan 35.57% dan laba 29.46% yang tentunya merupakan capaian luar biasa di tengah kondisi ekonomi saat ini," Ungkap Direktur Keuangan sekaligus Pengurus BMT NU Jawa Timur itu. 

Dirinya juga berharap agar pengelola selalu update skill sehingga bisa lebih inovatif da adaptif untuk kemajuan kantor cabang. 

Dalam kesempatan yang sama rapat kali ini juga dihadiri oleh Suhairi sebagai pemateri dengan ulasan hypnotherapy. 

Melalui hypnotherapynya ia mencoba menginternalisasikan prinsip ker