Menuju Keberangkatan Jamaah, BMT NU Jatim Laksanakan Manasik Umrah Tahap Akhir

bmtnujatim.com - Tanggal keberangkatan jamaah umrah BMT Nuansa Umat Jawa Timur yang berasal dari Kabupaten Sumenep sukses laksanakan manasik umrah, Senin (3/10/2022).

Jamaah umrah yang berjumlah 96 orang itu dibimbing langsung oleh Direktur Utama dalam pelaksanaan manasik dan penyampaian materi di Aula Bintang Sembilan.

Acara dipimpin oleh Idan Hermanto sebagai panitia pelaksanaan manasik sekaligus ketua rombongan pemberangkatan.

"Pemberangkatan jamaah dibagi menjadi tiga tahap di bulan ini, semoga lancar tanpa kendala apapun saat berangkat hingga kembali ke Indonesia," tutur Idan.

Ia juga memaparkan jadwal dan teknis pemberangkatan kepada calon jamaah.

Direktur Utama, H. Masyudi Kanzillah menyampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan umrah, hal apa saja yang harus disiapkan, amalan yang disunahkan, dan hal lainnya yang dilarang selama berada di Mekah dan Madinah.

Beliau juga menghimbau agar calon jamaah menjaga imunitas tubuh, menguatkan niat, mencegah diri dari perbuatan tercela dan menata hati sebagai calon tamu Allah.

"Calon jamaah umrah ini adalah orang yang beruntung karena akan mengunjungi rumah Allah, menziarahi makam Rasulullah, hanya orang pilihan yang bisa menjadi tamu Allah," terangnya.

Tanggap Bencana Puting Beliung, BMT NU Santuni Korban

bmtnujatim.com - Hujan deras yang melanda beberapa daerah di Kabupaten Bondowoso menyebabkan puting beliung yang menimpa rumah hunian warga dan tempat ibadah, salah satunya adalah Kecamatan Tegalampel.

Menurut keterangan warga setempat, terdapat 1 masjid rusak, 9 rumah rusak berat, 46 rumah rusak ringan, 1 orang luka berat dan 5 orang luka ringan. Selain itu beberapa pohon tumbang serta Asta Ki Ronggo Pembabat Bondowoso juga terdampak bencana ini.

Sebab bencana tersebut, BMT NU Cabang Tegalampel Bondowoso menyalurkan bantuan untuk korban. Bantuan berupa uang tunai yang diserahkan langsung oleh Kepala BMT NU Cabang Tegalampel, Muhammad Alwi kepada 20 orang yang terdampak bencana di Kelurahan Sekarputih, Senin (26/9/2022).

“BMT NU hadir dan berkolaborasi dengan beberapa pihak menyalurkan dana maal dengan harapan bisa meringankan beban para korban, semoga bisa bermanfaat untuk kebutuhan mereka,” ucap Alwi.

Dinilai Komunikatif, Teller dan Staff Layanan BMT NU Jatim Alami Peningkatan Kinerja

bmtnujatim.com - Berlanjut pada Teller dan Staff Layanan yang juga mengikuti jadwal rapat evaluasi dan koordinasi Quartal II tahun 2022 BMT Nuansa Umat Jawa Timur berlangsung lancar, Jumat (23/9/2022).

Seluruh Teller dan Staff Layanan BMT NU Jawa Timur memenuhi Aula Bintang Sembilan dengan senyum khasnya.

Dalam suasana rapat, masing-masing Direktur menyampaikan materinya dengan poin pesan yang sama yaitu pelayanan Teller dan Staff Layanan mengalami peningkatan yang signifikan.

Peningkatan pelayanan tersebut bersumber dari penilaian anggota dan pengamatan lapangan selama pelaksanaan tugas berlangsung.

"Sebagai wajahnya BMT NU, Teller dan Staff Layanan harus terus menjaga dan memaksimalkan pelayanan prima, membangun komunikasi yang baik dengan anggota dan mitra," ucap Hendri Hendarto selaku Direktur Keuangan BMT NU Jawa Timur.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Direktur Operasional dan Umum, Hj. Qanita Khairiyah bahwa pelayanan Teller dan Staff Layanan harus 100% mendapat respon baik dari anggota dan mitra.

"Sebagai orang pertama yang ditemui oleh anggota dan mitra di kantor cabang, Teller dan Staff Layanan harus menyuguhkan sikap paling baik, jika perlu nilai kepuasaannya harus 100%," terang perempuan yang akrab disapa Bu Hajjah itu.

Lending BMT NU Meningkat 26.82 Persen

bmtnujatim.com - Rapat evaluasi dan koordinasi Quartal II tahun 2022 masih berlangsung hingga ke Bagian Pembiayaan, Kamis (22/9/2022).

Tim landing BMT Nuansa Umat Jawa Timur mendapat kabar baik atas pencapaian kinerjanya.

Kabar baik disampaikan oleh Direktur Bisnis,. Deni Firdaus bahwa lending BMT NU mengalami peningkatan 26.82%.

"Kabar baik untuk tim landing, pembiayaan meningkat sebanyak 26.82% di quartal II, ini tentu tidak lepas dari usaha dan kinerja tim lending," terang Deni.

Tidak hanya di pembiayaan saja, Deni juga menyampaikan mitra BMT NU meningkat 15.86%.

Dirinya sangat mengapresiasi akan pencapaian tim lending yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Lebih jauh dari itu, Direktur Keuangan Hendri Hendarto juga menyampaikan dalam kesempatannya memaparkan materi bahwa perkembangan lending tersebut sebanding lurus dengan peningkatan laba BMT NU yaitu 28.65%.

"Peningkatan ini jangan dijadikan sebagai kepuasan namun kita jadikan sebagai tamparan keras bahwa ke depan rintangan yang dihadapi akan jauh lebih besar," tutur Hendri.

Bendahara BMT NU Jawa Timur itu juga mengapresiasi kinerja tim lending dalam mengupayakan perkembangan BMT NU.

Dalam hal ini Direktur Utama, H. Masyudi Kanzillah juga mengatakan bah

Ratusan Sak Semen dari BMT NU Wujudkan Masjid dan Mushalla Berseri

bmtnujatim.com - Dalam sepekan, BMT Nuansa Umat Jawa Timur berhasil meluncurkan semen ratusan sak untuk program masjid dan mushalla berseri.

Hal ini dibenarkan oleh Direktur Risiko, Kepatuhan dan Maal Idan Hermanto, S.H.I bahwa dalam waktu sepekan BMT NU Jawa Timur telah meluncurkan semen ratusan sak dan material bangunan yang lain di sejumlah daerah di Jawa Timur.

“Kalau tidak salah ada 145 sak semen yang disalurkan oleh sembilan cabang BMT NU Jawa Timur di sejumlah daerah  untuk masjid dan mushalla berseri,” ujar Idan.

Terhitung sejak 13 September 2022, BMT NU Cabang Batang-Batang menyalurkan 10 sak semen untuk Mushalla Darul Qur’an di Desa Tamidung yang sedang dalam tahap perbaikan.

BMT NU Jatim Capai 7.998 Forsa di Quartal II Tahun 2022

bmtnujatim.com - BMT Nuansa Umat kembali melaksanakan rapat evaluasi dan koodinasi quartal II tahun 2022 bersama Bagian Lasisma (Layanan Berbasis Jamaah) di Aula Bintang Sembilan, Rabu (21/9/2022).

Dalam hal ini, Deni Firdaus selaku Direktur Bisnis memaparkan materi terkait dengan pencapaian Bagian Lasisma. Ia menerangkan bahwa Forsa (Forum Silaturrahim Anggota) meningkat 9.49%.

Di quartal II 2022 Forsa berjumlah 7.998 dengan jumlah anggota Forsa mencapai 38.982.

Selain itu, dalam penyampaiannya ia juga banyak memberi semangat kepada Tim

Funding Meningkat 60.8 Persen pada Quartal II 2022

bmtnujatim.com - Usai melaksanakan Rapat Evaluasi dan Koordinasi Quartal II bersama BMT NU Jawa Timur, kali ini kembali melaksanakan rapat evaluasi bersama Bagian Tabungan seluruh cabang BMT NU Jawa Timur.

Rapat tersebut bertempat di Aula Bintang Sembilan yang dikemas dalam FGD (Focus Group Discussion), Selasa (20/9/2022).

Dalam rapat tercatat ada beberapa peningkatan yang harus diapresiasi dari kinerja tim funding. Diantaranya, anggota meningkatkan sebanyak 71.27%, penabung 62.54%, Siaga (Simpanan Anggota) 10.06% dan tabungan 60.80%.

Pencapaian tersebut menjadi kebanggaan sendiri bagi BMT NU Jawa Timur dan diapresiasi penuh oleh para direktur.

"Alhamdulillah saat ini jumlah tabungan yang dijemput setiap hari oleh pengelola berjumlah 49.450 penabung," tutur Direktur Bisnis, Deni Firdaus.

Selain pencapaian target, dalam rapat ini juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap layanan jasa antar jemput tabungan.

"Bagi BMT NU Jawa Timur, kepuasan serta kenyamanan anggota dan penabung merupakan prioritas utama," tambah Deni.

Target menjadi tanggung jawab penuh seluruh pengelola demi kemajuan BMT NU secara kelembagaan.

Akhir acara, Direktur Utama H. Masyudi Kanzillah mengisi talk show yang secara umum memberi apresiasi atas pencapaian target pengelola dan mem

BMT NU Jatim Gelar Rapat Quartal II Bersama Bagian Keuangan dan Administrasi

bmtnujatim.com - BMT Nuansa Umat Jawa Timur melaksanakan rapat evaluasi dan koordinasi Quartal II tahun 2022 bersama Bagian keuangan dan Administrasi di Aula Bintang Sembilan, Senin (19/9/2022).

Rapat evaluasi ini diharapkan dapat memberi motivasi bagi pengelola agar lebih mengembangkan cabang dengan strategi yang lebih baik dan rapi demi kemajuan ke depan.

"Rapat ini sebagai wadah evaluasi agar pengelola kembali menyusun strategi kinerja menuju cabang yang sehat, bermanfaat, tangguh dan berkah," ujar Direktur Keuangan, Hendri Hendarto.

Menurutnya, ini bagian dari ikhtiar memperbaiki dan mengendalikan banyak kekurangan maupun kelemahan yang dialami selama ini.

Dalam kesempatan quartal II juga menobatkan Bagian Keuangan dan Administrasi terbaik dengan beberapa penilaian seperti transaksi keuangan terbaik, tingkat kehadiran terbaik, tingkat kepuasan anggota terbaik dan pelaksanaan shalat Dhuha terbaik.

Media evaluasi ini juga membentuk FGD (Focus Group Discussion) yang kemudian dipaparkan dan mencari solusi terbaik secara bersama-sama terkait hal yang sedang menjadi permasalahan.

Akhir kegiatan, amanah Direktur Utama kepada pengelola dengan banyak pesan-pesa

BMT NU Jatim Resmikan Cabang Ke-97 di Wongsorejo Banyuwangi

bmtnujatim.com - Tekad besar BMT NU Jawa Timur untuk miliki 100 kantor cabang di usia satu abad Nahdlatul Ulama terus dilakukan. Kali ini Kantor Cabang Ke-97 kembali diresmikan di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, pada Kamis (15/09/2022). 

Direktur Utama KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur, H. Masyudi Kanzillah mengatakan, bahwa Wongsorejo memiliki dua kantor cabang.

"Dua kantor cabang BMT NU di Kecamatan Wongsorejo ini semoga bisa terus menebar manfaat bagi masyarakat sekitar dengan mewujudkan kemandirian ekonomi warga NU," Ujar Masyudi

Salah seorang perwakilan PCNU Banyuwangi, Hayatul Ihsan yang juga turut hadir dalam agenda peresmian itu menyampaikan bahwa menjadi anggota di BMT NU Jawa Timur otomatis membantu kaum dhuafa. 

"Karena peruntukannya jelas. Berbeda dengan bank-bank konvensional lainnya, yang kita tidak tahu siapa pemiliknya, kemana aliran dananya. Untuk pembangunan apa dan sebagainya. Kalau di BMT NU jelas," tegasnya. 

Pada momentum launching ini, BMT NU menyerahkan hadiah SAJADAH (Simpanan Berjangka Wadi'ah Berhadiah) kepada penabung pertama berupa uang tunai yang diser

BMT NU Jatim Laksanakan Manasik Umrah Tahap II, Ini Pesan Direktur Utama

bmtnujatim.com - Usai melaksanakan manasik umrah tahap I di Kabupaten Sampang, BMT Nuansa Umat kali ini kembali melaksanakan manasik umrah tahap II di Kabupaten Bondowoso tepatnya di Aula MWC NU Wonosari, Rabu (14/9/2022).

Calon jamaah umrah di manasik tahap ini berasal dari Bondowoso, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.

Manasik dipimpin oleh Direktur Utama dengan beberapa pesan yang disampaikan sebagai bekal menjalani ibadah umrah bulan Oktober mendatang.

“Mulai saat ini bagaimana belajar untuk menjaga sikap, ucapan serta sudah mulai menata niat dan hati demi kelancaran ibadah di Mekah dan Madinah,” dawuh Direktur Utama H. Masyudi Kanzillah.<