Strategi Bermanfaat BMT NU Cabang Arjasa Situbondo

bmtnujatim.com - Semangat Bermanfaat menjadi stimulus perjuangan para pengelola BMT NU Jawa Timur dalam melayani anggota, penabung dan mitra di usianya yang ke-16 (01 Juli 2004 - 2020) di tengah pandemi covid 19 menuju tatanan baru (New Normal, red).

Di musim corona yang entah kapan akan berlalu ini, banyak cara dan terobosan-terobosan yang dilakukan oleh beberapa cabang BMT NU Jawa Timur, salah satunya terobosan yang dilakukan oleh BMT NU Cabang Arjasa Situbondo dalam memperkenalkan produk-produk BMT NU kepada masyarakat sekitar.

Tepat pada hari Jum'at (17/07) pukul 15.30 WIB pengelola BMT NU Cabang Arjasa tiba di masjid Fathur Rohman dusun Cangka desa Kettowan kecamatan Arjasa kabupaten Situbondo untuk melakukan sosialisasi. Disambut  hangat oleh ketua majelis Ratibul Haddad sekaligus Kepala TK Mambaul Hikam dan TK PGRI 3 Arjasa (Dwi Kartilah, S.Pd.I) dan ketua Fatayat Ranting Kettowan (Lutfiyatul Mustaulida) serta beberapa jamaah lainnya mempersilahkan untuk mempresentasikan produk-produk BMT NU Jawa Timur, mulai dari produk tabungan, pembiayaan, jasa sampai pada manfaat menggunakan mobile BMT NU-Q, papar Irine Sofyanti, Bagian Keuangan dan Admin BMT NU Cabang Arjasa.

Alhamdulillah, ketua beserta anggota majelis sangat responsif dan beberapa dari mereka ikut bergabung, bahkan ibu Dila (sapaan akrab Dwi Kartilah) langsung membuka t

Hari Jadi BMT NU Ke-16; Perayaan Sederhana yang Khidmat Penuh Makna

bmtnujatim.com – Peringatan Hari Jadi KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur ke-16 jauh dari hiruk pikuk keramaian. Meski demikian, peringatan yang digelar sederhana di seluruh Kantor Cabang dan Kantor Pusat BMT NU Jawa Timur, Jl. Raya Gapura Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, Rabu (1/7) berlangsung khidmat dan penuh makna.

Sebelum 1 Juli, semarak Hari Jadi juga dimeriahkan dengan berbagai lomba di internal pengelola BMT NU Jawa Timur. Diantaranya, Lomba cipta logo, foto terlucu, foto paling berkesan saat bertugas, lomba hias ruang tunggu dan apresiasi spesial pada 10 cabang team work tersolid persembahan dari BMT NU Jawa Timur di Hari Jadi ke-16.

Peringatan Hari Jadi diisi dengan khataman Alquran dan doa bersama Pengelola Pusat serta gerakan seluruh cabang BMT NU Jawa Timur yang terjadwal dengan kegiatan yang sama. Pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun juga menambah warna acara.

Pengawas dan Dewan Syariah juga ikut hadir dalam acara Peringatan Hari Jadi yang dibungkus dengan tasyakuran ini. Berharap semoga masa depan BMT NU semakin sejahtera dan selalu diberkahi Allah SWT.

“Belum pernah kita mengalami situasi yang menyentuh rasa kemanusiaan seperti saat ini. Bahkan lebih dari itu risau mendalam pasti menyelimuti sanubari kita. Apa yang akan terjadi seandainya virus Corona menghampiri kita dan keluarga. Kesadaran atas re

BMT NU dalam Simpul-Simpul Sejarah Perjuangan (Dari Kolonial hingga Millenial)

bmtnujatim.com - Lahirnya BMT NU  ini merupakan salah satu dari sekian banyak perjuangan yang dilakukan oleh para kalangan Nahdliyyin--baik yang struktural maupun kultural--dalam memberdayakan masyarakat di bidang perekonomian. 

Di bawah naungan MWC (Majelis Wakil Cabang) NU Gapura, BMT NU didirikan pada tahun 2004 oleh dua puluh dua kiai khususnya di Kecamatan Gapura yang sangat prihatin terhadap kondisi masyarakat sekitar yang secara perekonomian masih sangat rendah dan bahkan pada titik tertentu ada yang jadi korban kekejaman rentenir yang mencekik. 

Sumber daya alam yang terbentang luas menjadi tidak maksimal dimanfaatkan karena sangat minim akan ketersediaan modal usaha untuk mengelolanya. Akibatnya masyarakat hanya bisa memanfaatkan seadanya, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk berkembang.

Maka atas rasa keprihatinan ini kemudian BMT NU didirikan dengan memiliki modal awal Rp. 400.000,- yang didapatkan sebagai simpanan awal dari para pengurus MWC NU Gapura. 

H. Masyudi Kanzillah selaku Ketua Lembaga Perekonomian MWC NU Gapura kemudian dipilih sebagai Ketua merangkap Sekretaris BMT NU dengan Darwis Ghalib sebagai Bendahara. 

“MWC NU pada awalnya memfungsikan Lembaga Perekonomian NU dengan niat pengembangan usaha, akhirnya di tahun 2004 didirikan BMT NU dengan modal awal R

Bersama Anak Yatim, BMT NU Cabang Grujugan Rayakan Hari Jadi

bmtnujatim.com – Salah satu rangkaian perayaan Hari Jadi BMT NU Cabang Grujugan yang ke-1 (first anniversary), Kamis (25/6) kemarin berbagi suka bersama anak yatim Kecamatan Grujugan, Bondowoso.

Aditya Frasman Hariyanto, Kepala Cabang BMT NU Cabang Grujugan menjelaskan, pemberian santunan itu merupakan bentuk kepedulian sesama sekaligus untuk merayakan Hari Jadi BMT NU Cabang Grujugan.

Santunan berupa tas sekolah dan makanan untuk anak yatim Grujugan ini bertujuan untuk menambah giat semangat mereka karena sekoah hampir masuk dengan harapan bisa memberikan mereka kebahagiaan.

“Semoga BMT NU Cabang Grujugan lebih baik lagi dengan sumbangsih doa dari anak yatim dan selalu menebar manfaat terutama pada anak yatim,” ungkap Aditya.
Adit menambahkan, objek acara ini yaitu anak yatim karena masih banyak masyarakat yang tidak peduli dan acuh terhadap anak yatim.

Pengawas BMT NU Cabang Grujugan juga menghadiri acara tersebut beserta Manager Area Bondowoso.

Rentetan lainnya yaitu istighatsah bersama demi kelancaran BMT NU Cabang Grujugan. “Semoga BMT NU Cabang Grujugan tetap memberikan bukti kepada masyarakat bahwa program maal harus ditingkatkan dan dirasakan langsung oleh semua kalangan,” tutur Pengawas BMT NU Cabang Grujugan, H. Nidjan.

Senyum sumringah anak yatim menjad

Launching 2 Cabang dalam Sehari, BMT NU Jawa Timur Tebarkan Manfaat

bmtnujatim.com - Kamis (25/6) BMT NU Jawa Timur gelar launching cabang baru di dua daerah secara bertahap dalam satu hari; Cabang ke-63 Arosbaya Bangkalan dan Cabang ke-64 Ketapang Sampang. Turut hadir dalam dua acara ini Direktur Utama, Segenap Pengurus, Jajaran Direksi BMT NU Jawa Timur, PCNU, MWC NU, Lembaga/Banom serta Forkopim (Forum Komunikasi Pimpinan) Kecamatan. 

Pagi sekitar pukul 08:00 WIB launching dilaksanakan di Desa Arosbaya Kecamatan Arosbaya, Bangkalan. 
Sementara pada pukul 13:00 WIB launching dilaksanakan di Desa Ketapang Barat Kecamatan Ketapang, Sampang. 

"Kesejahteraan masyarakat dan kemandirian NU merupakan cita-cita yang selama ini terus diperjuangkan oleh BMT NU, saya berharap semoga dengan diresmikannya BMT NU bisa selaras dengan cita-cita tersebut." Tutur H. Masyudi Kanzillah, selaku Direktur Utama BMT NU Jawa Timur dalam sambutannya.
Beliau pun tak lupa meminta restu para undangan atas impian 100 Cabang BMT NU di tahun 2026.

Ketua MWC NU Arosbaya bertekad untuk turut serta dalam upaya pengembangan BMT NU ke depan, khususnya Cabang Arosbaya. 

"Mari kita besarkan BMT NU Arosbaya yang merupakan milik kita bersama", tegasnya saat memberi sambutan. 

Hadiah Sepeda Motor Meriahkan Pembukaan BMT NU Cabang Leces

bmtnujatim.com - Senin (22/6) kemarin, BMT NU menggelar launching cabang baru ke 62 di Leces, Probolinggo. Bertempat di Desa Kerpangan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Utama, Segenap Pengurus, dan Jajaran Direksi BMT NU Jawa Timur, serta Pengurus MWC NU Leces, BANOM, LAJNAH, lembaga dari tingkat MWC hingga ranting, Kepala Sekolah dan Pengasuh Pondok Pesantren setempat. Launching digelar di halaman kantor BMT NU Cabang Leces.

Susunan acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Alquran, pemausan shalawat Nabi, dan sambutan yang diisi oleh Direktur Utama dan Ketua MWC Leces. Acara juga dilengkapi dengan jam’iyah hadrah yang memeriahkan dari awal hingga akhir acara.

“Semoga hadirnya BMT NU di Leces mampu mensejahterakan ekonomi masyarakat seperti cita-cita BMT NU,” tutur Direktur Utama, H. Masyudi Kanzillah dalam sambutannya. Ia juga memaparkan produk yang dimiliki BMT NU dan meminta doa restu para undangan untuk target tercapainya 100 cabang BMT NU di Jawa Timur pada tahun 2026.

Selanjutnya, Ketua MWC NU Leces juga berkesempatan menyampaikan sambutan “BMT NU Leces milik warga NU, milik kita bersama mari kita kelola bersama agar terus berkembang.&rdq

BMT NU Tak Henti Menebar Manfaat dan Berbagi Keuntungan

bmtnujatim.com – BMT NU kembali dirasakan manisnya oleh anggota dan mitranya. Kali ini testimoni hangat datang dari salah satu anggota di Wongsorejo. Siti Aisyah, warga Desa Wongsorejo, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Seorang janda yang ditinggal mati suaminya dengan menanggung beban satu anak harus menjalani hidup dari hasil usaha yang digelutinya. Ia memiliki usaha toko sembako di pasar Ketapang, Wongsorejo dan menjadi anggota BMT NU sejak tahun 2018. Dirinya juga sudah melakukan pembiayaan sebanyak dua kali ke BMT NU Cabang Wongsorejo.

Seperti biasa, sama seperti anggota BMT NU yang lain ia juga memiliki tabungan TABAH dan SABAR yang dijemput setiap hari ke stand usahanya di pasar Ketapang.

“Saya sangat bersyukur sampai saat ini masih menjadi anggota BMT NU, saya merasakan keberkahan menjadi anggota BMT NU dan Alhamdulillah pelanggan saya bertambah,” aku Siti Aisyah.

Ibu pekerja keras itu selalu merasa tercukupi kebutuhannya karena memiliki tabungan yang bisa diambil saat dibutuhkan dan menurutnya tabungannya juga menjadi andalan angsuran pembiayaan setiap bulan di BMT NU Cabang Wongsorejo.

Di sisi lain, Kepala Cabang Wongsorejo Abdul Ra’uf juga merasa senang mendapatkan aliran pujian dari salah satu anggota, “Semoga kebaikan dan manfaat yang dirasakan oleh anggota BMT NU tidak pe

190 Calon Pengelola BMT NU Ikuti Tes Tulis Online

bmtnujatim.com - Impian 100 cabangnya di Jawa Timur semakin menggebrak semangat BMT NU untuk terus berusaha meningkatkan kualitas  layanan dan pertumbuhan keuangan sebagai sebuah keniscayaan dalam mewujudkan impiannya memiiki 100 cabang pada tahun 2026. Untuk itu, dalam waktu dekat akan segera dilaunching kantor cabang baru yang diawali dengan rekrutmen pengelola. 

Tes tulis online kembali dilaksanakan di Tlogosari, Rabu (10/06) dan Jambesari, Senin (15/06). Kedua cabang baru tersebut berada di Kabupaten Bondowoso.
Jumlah berkas lamaran yang diterima Pengurus MWC NU Tlogosari sebanyak 79 orang namun setelah diverifikasi terdapat 64 orang yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes tulis online. 

Lain halnya dengan pelaksanaan tes di Jambesari, jumlah pendaftar sebanyak 160 orang dan hasil verifikasi meloloskan 126 orang untuk mengikuti tes tulis online. Pelaksanaan tes dibagi menjadi dua gelombang dikarenakan banyaknya peserta dan demi menjada keamanan dan kenyamanan peserta selama pelaksanaan tes berlangsung.

Tes tulis online ini didampingi langsung oleh Pengurus MWC NU dan MUSPIKA Tlogosari dan Jambesari. Protokol kesehatan tetap menjadi panduan utama.  Seluruh pese

Usaha Meningkat Berkat Bina Usaha Mitra BMT NU

bmtnujatim.com – BMT NU lahir dengan misinya untuk mewujudkan masyarakat mardlatillah dan mengutamakan kesejahteraan masyarakat. Dalam perkembangannya, BMT NU selalu menggenjot usaha demi terbangunnya karakter BMT NU yang sesuai dengan prinsip kerjanya.

Di beberapa daerah sentuhan cabangnya, BMT NU mendapatkan nilai jempol dari anggota dan mitranya. Sebagian besar dari mereka merasa bersyukur karena terbantu oleh BMT NU.

Kali ini, keberuntungan hangat dirasakan oleh mitra BMT NU Cabang Asembagus Situbondo. Ibu Faizah dan Bapak Taufikurrahman, warga asli Desa Bantal Kecamatan Asembagus, Situbondo mengaku senang karena telah bermitra dengan BMT. Ia bergabung menjadi mitra BMT NU Cabang Asembagus sejak tahun 2019 dan usahanya mengalami perkembangan.

“Awalnya, Ibu Faizah meminjam kepada BMT NU Cabang Asembagus sebesar Rp. 6.000.000 untuk modal usaha toko peracangan, Alhamdulillah hingga saat ini tokonya berkembang dan sudah banyak menggaet pelanggan,” ungkap M. Aminullah, Kepala Cabang BMT NU Cabang Asembagus.

Ia juga menambahkan bahwa yang bersangkutan aktif menabung di produk TABAH. “Saya jemput tabungannya setiap hari dan juga kami dampingi dalam pengembangan bisnisnya dengan Manager Area melalui program Bina Usaha,” imbuhnya.

Begini Cara BMT NU Cabang Arjasa Sosialisasikan Produk BMT NU

bmtnujatim.com – Bertempat di salah satu ruangan Puskesmas Arjasa, Situbondo diadakan acara sosialisasi produk BMT NU Jawa Timur. Acara tersebut dihadiri oleh sebagian besar tenaga kesehatan Puskesmas Arjasa, Kamis (4/6).

Mengawali kegiatan sosialisasi salah satu bidan di Puskesmas Arjasa, Fera menyampaikan sambutan pembukaan dan menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada seluruh yang hadir di ruangan atas kesediaannya meluangkan waktu untuk sosialisasi produk BMT NU.

Fera menyampaikan mudah-mudahan dengan sosialisasi ini mendatangkan manfaat untuk kedua belah pihak.

Pada kesempatan ini Irine Sofyanti Bagian Keuangan dan Administrasi BMT NU Cabang Arjasa mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk melaksanakan sosialisasi dengan menawarkan produk BMT NU yang bisa dijajaki oleh tenaga kesehatan Puskesmas Arjasa. Tak lupa, dirinya juga memperkenalkan layanan uang elektronik yang termasuk produk baru di BMT NU yaitu BMT NU-Q.

Irine juga menyampaikan kelebihan BMT NU-Q dan mengajak seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Arjasa untuk menjadi anggota BMT NU dan menjadi pengguna BMT NU-Q. “BMT NU-Q bisa menjadi solusi di tengah pandemi saat kondisi memaksa untuk di rumah saja. BMT NU-Q bisa menjawab kebutuhan Anda dengan beberapa fitur yang tersedia,” tukasnya.

Pada kesempatan ya