bmtnujatim.com (25-01-2019). Sebagaimana amanat peraturan perkoperasian serta  amanat anggota yang tertuang dalam AD/ART bahwa rapat anggota tahunan (RAT) merupakan rapat tertinggi dan  sebuah kewajiban yang mesti dilaksanakan. Oleh sebab itu, pengurus BMT NU Jawa Timur telah melaksanakan RAT cabang tahun buku 2018 selama Bulan Januari 2019.

sebagaimana cikal bakal lahirnya BMT NU, salah satunya untuk mengembalikan Kemandirian Nahdlatul Ulama, maka pada kesempatan RAT BMT NU Cabang, telah diserahkan Dana pengembangan Nahdatul ulama untuk tahun ini sebesar Rp. 918.226.700, dana tersebut diperoleh 10% dari Laba BMT NU selama tahun 2018.

 RAT se Area Cabang Sumenep berbeda dengan RAT se area Cabang Lain karena pada kesempatan kali ini juga dilaksanakan Launching Ambulance Gratis persembahan kader NU untuk Ummat. (Baca juga: Kader Penggerak NU Persembahkan Ambulance Gratis)

Menurut Bapak. Deni Firdaus selaku Ketua Panitia RAT, bahwa RAT BMT NU Cabang dilaksanakan diberbagai Kabupaten. Pertama untuk Cabang Se Area Kab. Pamekasan, Sampang, Bangkalan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2019 yang bertempat di Gedung Karta Sampang. Kedua Pada Tanggal 21 Januari 2019 untuk Cabang Se Area Kab.  Bondowoso, Jember dan Lumajang yang bertempat di BLK Kabupaten Bondowoso, Ketiga untuk  Cabang Se Area Kab. Situbondo, Banyuwangi, dan Probolinggo yang dilaksanakan pada tanggal 22 Januari di Ballroom SMKN 1 Panji Situbondo dan yang ke Empat Untuk Cabang se Area Kabupaten Sumenep dilaksanakan di Aula Kementrian Agama Kabupaten Sumenep pada tanggal 27 Januari 2019.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Jajaran Pengurus, Pengawas, Dewan Syariah, Direksi BMT NU, Pengelola Kantor Cabang, Pengurus MWC NU serta perwakilan  Anggota BMT NU di masing-masing Kantor Cabang dengan tingkat kehadiran anggota rata - rata di masing - masing area mencapai 91%

Dalam kesempatan ini pula, Bapak. Deni Firdaus selaku Ketua Panitia dalam kegiatan RAT, menuturkan " Tujuan diselenggarakannya RAT Cabang, membangun keterbukaan dan menjalin kebersamaan, jadi RAT sebenarnya adalah media bagi pengurus dan pengawas untuk menyampaikan laporan pertanggung jawaban sebagai wujud transparansi pengelolaan keuangan dan  organisasi koperasi kepada seluruh anggota".

Sebagai puncaknya, akan digelar juga RAT paripurna XV serta Expo Produk unggulan Anggota. Kegiatan ini akan dihadiri oleh Jajaran Direksi BMT NU, seluruh Pengelola Kantor Cabang BMT NU Jawa Timur disetiap Kabupaten, Pengurus MWC NU di setiap Kabupaten di Jawa Timur, serta beberapa Anggota BMT NU di masing-masing Kantor Cabang disetiap Kabupaten Jawa Timur. yang akan dilaksanakan pada Tanggal 16 Februari 2019, yang bertempat di Gedung Serba Guna di Kaliwates Jember.