Setelah Sukses Mendirikan BMT NU Gapura

MWC NU GAPURA DIRIKAN SWALAYAN

 

Setelah Sukses Mendirikan BMT ( Baitul Maal wa Tamwil ) yang pada  awal berdirinya ( tahun 2004 ) hanya memiliki Aset 400 ribu kini asetnya sudah mencapai 2,9 Milyard. Sukses tersebut tidak membuat Pengurus MWC NU Gapura Kab. Sumenep terlena, akan tetapi terus  melakukan terobosan guna mengangkat harkat dan martabat ekonomi warga NU yang selama ini  terkalahkan oleh para pemodal Besar yang mengakibatkan mayoritas dari Nahdliyin berada di garis Kemiskinan.

Salah satu terobosan yang dilakukan di tahun 2011 ini adalah dengan mendirikan Swalayan yang pada hari Selasa 08 Maret 2011 telah dilakukan Grand Opening oleh Ketua PCNU Sumenep. Menurut K. Panji Taufik selaku Ketua PCNU Sumenep , kehadiran Swalayan NU Gapura harus benar – benar mampu menempatkan dirinya di garda terdepan dalam melakukan promosi dan pemasaran produk unggulan warga NU, sehingga produk warga Nahdliyin tidak kalah saing dengan produk – produk dari para pemodal besar, disamping itu, swalayan NU Gapura juga harus mampu melakukan kemitraan yang sinergis dengan para pedagang lokal, sehingga kehadirannya benar – benar bermanfaat untuk penguatan ekonomi warga NU.

Sementara itu, Moh. Syahid Munawar, S.Pd selaku Ketua MWC NU Gapura mengharapkan kepada seluruh warga Nahdliyin agar berbondong – bondong menjadi anggota maupun nasabah KJKS BMT NU Gapura, sehingga dengan keterlibatannya sebagai anggota maupun nasabah BMT NU mereka akan memperoleh bagi hasil dari keuntungan Swalayan NU Gapura, mengingat saham terbesar dari Swalayan NU ini berasal dari BMT NU Gapura.

Manager BMT NU Gapura, Masyudi,S.Ag, membenarkan bahwa sebagian besar saham dari swalayan NU berasal dari BMT NU Gapura sebagai upaya dalam menggarap sektor riil guna meningkatkan laba BMT sehingga bagi hasil yang akan diberikan kepada warga NU Gapura juga semakin besar. Masyudi, sangat optimis, swalayan ini akan mampu menambah laba BMT secara signifikan, karena managemen swalayan dikelolah secara profesional sebagaimana layaknya swalayan – swalayan yang lain. Bahkan dalam  waktu dekat BMT NU Gapura akan menerbitkan Kartu Debit yang dapat digunakan untuk berbelanja di Swalayan NU Gapura, dan membuka Kantor Kas di Swalayan dengan sistem online.  Dengan fasilitas ini , diharapkan warga NU semakin mudah dalam melakukan transaksi dengan BMT maupun Swalayan NU Gapura.