2

BMT NU JATIM LAUNCHING CABANG BARU DI DUA KABUPATEN

Misi 100 cabang pada tahun 2026 terus diupayakan oleh Manajemen Baitul Maal wat Tamwil (BMT) NU JATIM, hingga pekan kemarin BMT NU JATIM sudah mempunyai 55 kantor cabang yang tersebar di 11 Kabupaten di Jawa Timur. Di antara 55 kantor cabang tersebut, yang terbaru adalah KSPPS BMT NU JATIM Cabang Prajekan Kabupaten Bondowoso dan KSPPS BMT NU JATIM Cabang Kendit serta KSPPS BMT NU Cabang Jangkar Kabupaten Situbondo.           

            Launching pertama dilakukan di Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso, acara yang diadakan di pagi hari itu dihadiri oleh Pengawas dan Pengurus Pusat, serta jajaran Direksi BMT NU JATIM, Dinas Koperasi Kab. Bondowoso, PCNU Kab. Bondowoso, MWC NU se-Kab. Bondowoso, serta ratusan warga Nahdliyin dan masyarakat umum. Dalam sambutannya, Direktur Utama KSPPS BMT NU JATIM, H. Masyudi Kanzillah, S.Ag. menuturkan bahwa  salah satu tujuan berdirinya BMT NU JATIM adalah untuk mengangkat ekonomi ummat serta memberantas rentenir yang selama ini masih terkungkung dalam jeratan praktik riba, sehingga ekonomi ummat semakin hari semakin terjepit. “Ayo mengajukan pembiayaan di BMT NU JATIM, baik untuk konsumtif lebih-lebih untuk hal-hal yang produktif. Serta mari

BMT NU-Q BAYAR APA AJA BISA

Tanggal 22 Oktober merupakan tanggal yang sangat spesial bagi kalangan santri, pada tanggal tersebut dikukuhkan sebagai Hari Santri Nasional (HSN) oleh Presiden Republik Indonesia melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015. Pada tanggal itu pula, seluruh santri dan pesantren di seluruh penjuru negeri bergemuruh dalam euforia meneguhkan semangat Ulama dan Santri. Berbagai macam agenda kegiatan dilakukan, ada dalam bentuk istighosah, pengajian umum, khotmil qur’an, tahlilan, dan lain sebagainya.

            Begitu juga BMT NU JATIM, sebagai bagian dari Santri dan Pesantren, karena sebagian besar pengelolanya merupakan alumni Pesantren di wilayah Madura maupun Jawa, merayakan Hari Santri Nasional (HSN) dengan penuh rasa syukur yang dikemas dalam sebuah acara “Peringatan Hari Santri Nasional dan Launching BMT NU-Q”. Kegiatan semacam ini diadakan oleh seluruh Kantor Cabang BMT NU Jawa Timur bekerjasama dengan MWC NU ataupun PCNU. Puncak kegiatan tersebut dilakukan di Kantor Pusat BMT NU JATIM yang beralamat di Gapura-Sumenep.

            BMT NU-Q merupakan produk terbaru BMT NU JATIM, produk ini merupakan layanan uang elektronik (e-money) yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi anggota dalam melakukan

DANA TABARRU IMPLEMENTASI SIKAP SALING TOLONG MENOLONG ANTAR SESAMA

“Dan tolong menolong lah kalian dalam hal (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong kalian dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kalian kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya” (Al-Maidah : 2)

        

    Manusia sebagai makhluk sosial tidak akan bisa lepas dari saling membutuhkan serta saling melengkapi antara yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, mengedepankan sikap saling tolong menolong dalam hal kebajikan dan ketaqwaan antar sesama merupakan suatu keharusan dan keniscayaan. Tanpa sikap tersebut, tatanan kehidupan manusia yang damai, harmonis, dan diridhoi oleh Allah Swt tidak akan pernah terwujud. Salah satu bentuk nyata dari sikap tolong menolong yakni ikut membantu meringankan beban saudara-saudaranya yang sedang mengalami musibah, seperti orang yang sedang terlilit hutang, dan atau orang yang meningal dunia.

            Menyikapi hal seperti itu, dalam ajaran Islam ada sebuah sistem asuransi syariah yang dikenal dengan istilah Akad Tabarru’. Akad Tabarru’ adalah akad atau transaksi yang mengandung perjanjian dengan tujuan saling tolong menolong tanpa adanya syarat imbalan apa pun dari pihak lain. Ada juga

TO BMT NU JATIM TRANSPARANSI TABUNGAN DI ERA INDUSTRI 4.0

Perkembangan zaman yang terus semakin maju menuntut setiap orang maupun komunitas (khususnya dunia bisnis) untuk selalu siap menyambutnya agar tetap bisa survive dalam eksistensinya, kemajuan zaman ini merupakan sebuah keniscayaan yang mesti dialami dan dihadapi. Tidak berani menghadapinya, berarti sama saja dengan berjalan di tempat, atau lebih buruknya bisa saja tersingkirkan atau tergilas oleh zaman itu sendiri. Perkembangan zaman identik dengan revolusi sistem industri, semakin maju sistem industri maka semakin berkembang pula zamannya. Revolusi Industri dimulai pada abad ke-18 yakni Revolusi Industry 1.0 yang ditandai dengan ditemukannya mesin uap, lalu pada abad ke-19 memasuki Revolusi Industry 2.0 dengan adanya penemuan Tenaga Lisrik yang kemudin diikuti dengan munculnya pesawat telepon, mobil, dan lain-lain. Kemudian pada akhir abad ke-20, perkembangan industry yang semakin maju, menjadikan dunia terus bergerak memasuki era digitalisasi, kemunculan teknologi digital dan internet menandai dimulainya Revolusi Industri 3.0.

            Dengan ditemukannya internet inilah menjadi dasar terbukanya cakrawala dunia menuju Revolusi Industri 4.0. Revolusi ini berambisi menginterkoneksikan segala perangkat yang ada dengan internet, model sosial d

BERBAGI DENGAN SESAMA ITU HEBAT

Bulan Muharram atau dikenal juga dengan bulan Syuro merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah dan Rasul-Nya serta sangat bermakna bagi ummat Muslim. Banyak peristiwa-peristiwa menakjubkan terjadi di bulan ini, diantaranya yakni peristiwa hijrahnya Sang Rasul beserta para Sahabat dari Makkah ke Madinah, yang sekaligus menandakan awal tahun Islam (Hijriyah). Selain itu, di bulan ini pula dianjurkan untuk memperbanyak melakukan kebaikan-kebaikan (amal sholeh) bagi diri sendiri maupun bagi orang lain, seperti memperbanyak dzikir, membaca al-Qur’an, puasa, infaq, sedekah, dan lain sebagainya.

          

  Karena begitu mulianya bulan Muharram, banyak ummat Muslim yang memperingatinya. Ada dalam bentuk pengajian-pengajian, dan ada pula dalam bentuk pemberian santunan kepada fakir miskin dan atau anak yatim seperti yang dilakukan oleh beberapa kantor cabang BMT NU JATIM, diantaranya adalah BMT NU JATIM Cabang Pragaan Sumenep dan BMT NU JATIM Cabang Ganding Sumenep.

            Kegiatan yang dil

BERMODAL MINIM MENGGAPAI IBUKOTA

Tentang rejeki, hanya Tuhan yang mengetahui”. Ya… Tuhanlah yang mengatur semua rejeki makhluk hidup, bahkan ulat yang ada di dalam batu pun masih mendapatkan rejeki dari Tuhan Yang Maha Kaya. Apalagi manusia, makhluk yang dibekali akal oleh Allah Swt, seharusnya lebih gampang untuk meraih rejeki-Nya. Namun ternyata tidak semua manusia mudah mendulang rejeki yang terhampar, tergantung dari ikhtiyar dan doa masing-masing hamba. Semakin besar dan kuat ikhtiar/doa yang dihaturkan, maka semakin besar dan kuat pula peluang mendapatkan hasil yang memuaskan.

            Adagium di atas dirasakan betul oleh Ibu Hj. Ritnawati, warga Kampung Sumberwaru, Desa Wonokoyo, Kec. Kapongan, Kab. Situbondo, yang sekaligus salah satu anggota BMT NU JATIM Cabang Kapongan Situbondo. Ibu satu anak tersebut mengisahkan, sebelum ada BMT NU di Kapongan, dirinya hanya membantu suaminya bertani bawang dan membuat bata. Pada saat itu ia sekeluarga hanya bertumpu pada penghasilan suaminya yang hanya cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun semua itu berubah setelah ada BMT NU JATIM Cabang Kapongan Situbondo, ia memutuskan untuk mengajukan pinjaman ke BMT NU, dan setelah mendapatkan pinjaman ia memulai usahanya, “Setelah mendapatkan pinjaman dari BMT NU, saya m

KHR. A. AZAIM IBRAHIMY LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH HARUS BENAR-BENAR SYARIAH

Praktek syariah mesti diterapkan di berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari, baik itu dalam bidang ubudiyah, muamalah, dan lain sebagainya. Implementasi syariah tersebut bertujuan agar sirkulasi kehidupan manusia berjalan sesuai dengan kodratnya sebagai hamba yang diciptakan oleh-Nya semata-mata hanya untuk beribadah kepada Dzat Yang Maha Suci.

            Salah satu aktivitas kehidupan manusia yang mesti benar-benar syariah adalah praktek ekonomi, baik dalam perdagangan, jasa, atau lembaga keuangan yang akhir-akhir ini marak bermunculan dengan nama lembaga keuangan syariah. Dan dari sekian banyak lembaga keuangan yang berprinsip syariah tersebut adalah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT NU Jawa Timur.

            Dalam kegiatan rihlah yang diadakan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo beberapa hari yang lalu, KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy selaku pengasuh ­­Ma'had tersebut, dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa lembaga keuangan syariah harus benar-benar mempraktekkan sistem perekonomian yang berprinsip syariah, “Kepercayaan masyarakat luas kepada BMT NU harus diimbangi dengan pelayanan yang maksimal, dan pure syariah, karena BMT NU merupakan lem

DUA MWC NU KABUPATEN SITUBONDO SELENGGARAKAN TES SELEKSI CALON PENGELOLA BMT NU JAWA TIMUR

bmtnujatim.com. Kemarin Kamis (22/08/2019) MWC NU Prajekan Bondowoso melakukan tes tulis dan baca al-qu’an, dan hari ini (26/08/2019) MWC NU Jangkar & MWC NU Kendit Kabupaten Situbondo menyelenggarakan hal yg sama yakni tes tulis dan tes baca al-qur’an yang bertempat di Majelis Dzikir Merah Putih MWC NU Untuk Jangkar dan bertempat di Pondok Pesantren Zainul Fauzi untuk MWC NU kendit. 

Seleksi kali sama dengan seleksi sebelumnya dilakukan beberapa tahap mulai dari screaning berkas lamaran oleh panitia MWC NU Prajekan, dan hari ini Kamis Tes Tulis dari Kantor Pusat BMT NU & Tes Baca Al-Qur'an oleh Pengurus MWC NU Setempat sehingga peserta terbaik akan mengikuti tes Interview.

Ketua MWC NU Jangkar USt. Zainuri kalau "Tes seleksi Calon Pengelola BMT NU Cabang Jangkar, diikuti oleh sebanyak 30 peserta yang merupakan utusan dari masing-masing perwakilan Desa Sekecamatan Jangkar, yang masing-masing peserta telah mendapatkan Rekomendasi dari Pengurus MWC NU Jangkar". Ungkapnya yang sekaligus Seorang Lawyer

Hal senada juga disampaikan KH. Zamzam Ketua MWC NU Kendit kalau p

MWC NU PRAJEKAN BONDOWOSO SELENGGARAKAN TES SELEKSI CALON PENGELOLA BMT NU JAWA TIMUR

bmtnujatim.com. Dalam rangka mensukseskan misi BMT NU mempunya 100 Cabang pada tahun 2026 bertepatan dengan kebangkitan NU jilid II serta harlah NU ke 100 tahun. hari ini Kamis (22/08/2019) BMT NU melaksanakan tes seleksi calon pengelola di MWC NU Prajekan Bondowoso untuk pengelola cabang BMT NU ke 54.

Seleksi kali ini dilakukan beberapa tahap mulai dari screaning berkas lamaran oleh panitia MWC NU Prajekan, dan hari ini Kamis Tes Tulis dari Kantor Pusat BMT NU & Tes Baca Al-Qur'an oleh Pengurus MWC NU Setempat sehingga peserta terbaik akan mengikuti tes Interview.

tahapan seleksi ini dilakukan Bapak. Zubaidi selaku Direktur Operasional & SDI memaparkan  dalam rangka "ikhtiyar memperoleh pengelola yang anggun dalam layanan, unggul dalam kinerja dan memiliki integritas, loyalitas serta berkarakter pejuang ekonomi syari'ah." Imbuhnya.

Panitia Seleksi KH.Fauzan mengatakan bahwa "Tes seleksi Calon Pengelola BMT NU Cabang Prajekan Bondowoso ini, diikuti oleh peserta yang merupakan utusan dari Putra putri daerah sekecamatan Prajekan serta perwakilan Ranting NU, yang masing-masing pese

MENELADANI SPIRIT PERJUANGAN IDUL QURBAN

Hari Raya Idul Adha yang kerap juga disebut dengan Idul Qurban merupakan hari bersejarah bagi ummat Muslim, spirit perjuangan yang ditunjukkan Nabi Ibrahim as. dan Nabi Ismail as. untuk melaksanakan titah Allah Swt. Tuhan Semesta Alam patut menjadi pelajaran yang sangat berarti bagi seluruh manusia dalam mengarungi kehidupan. Berbagai bentuk perjuangan dan pengorbanan, mulai dari psikis hingga fisik, dilakukannya demi meraih ridho-Nya. Perjuangan terbesar yang Nabi Ibrahim as. lakukan adalah usaha untuk meyakinkan dirinya dan anaknya bahwa mimpi yang datang merupakan perintah Tuhannya. Serta pengorbanan terbesarnya adalah bersedia mengorbankan anak kesayangannya untuk disembelih sebagai simbol kecintaan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Namun dengan kuasa-Nya, Allah Swt. mengganti Ismail kecil dengan sebuah herwan tenak. Disini terlihat jelas bahwa untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt., manusia membutuhkan spirit perjuangan serta senantiasa harus rela mengorbankan apapun yang dicintainya, karena hanya ibadah kepada Allah tujuan hidup manusia.

            Dari spirit perjuangan inilah, BMT NU JATIM diusianya yang ke-15, bertekad untuk selalu membumikan praktek-prektek muamalah syariah yang sesuai dengan tuntunan ajaran Islam, serta selalu berupaya menebar manfaat dan memberi