BMT NU JAWA TIMUR LAKSANAKAN RAT CABANG DAN SERAHKAN DANA PENGEMBANGAN NU SEBESAR 918 JUTA

bmtnujatim.com (25-01-2019). Sebagaimana amanat peraturan perkoperasian serta  amanat anggota yang tertuang dalam AD/ART bahwa rapat anggota tahunan (RAT) merupakan rapat tertinggi dan  sebuah kewajiban yang mesti dilaksanakan. Oleh sebab itu, pengurus BMT NU Jawa Timur telah melaksanakan RAT cabang tahun buku 2018 selama Bulan Januari 2019.

sebagaimana cikal bakal lahirnya BMT NU, salah satunya untuk mengembalikan Kemandirian Nahdlatul Ulama, maka pada kesempatan RAT BMT NU Cabang, telah diserahkan Dana pengembangan Nahdatul ulama untuk tahun ini sebesar Rp. 918.226.700, dana tersebut diperoleh 10% dari Laba BMT NU selama tahun 2018.

 RAT se Area Cabang Sumenep berbeda dengan RAT se area Cabang Lain karena pada kesempatan kali ini juga dilaksanakan Launching Ambulance Gratis persembahan kader NU untuk Ummat. (Baca juga: Kader Penggerak NU Persembahkan Ambulance Gratis)

Menurut Bapak. Deni Firdaus selaku Ketua Panitia RAT, bahwa RAT BMT NU Cabang dilaksanakan diberbagai Kabupaten. Pertama untuk Cabang Se Area Kab. Pamekasan, Sampang, Bangkalan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2019 yang bertempat di Gedung Karta Sampang. Kedua Pada Tanggal 21 Januari 2019 untuk Cabang Se Area Kab.  Bondowoso,

Kader Penggerak NU Persembahkan Ambulance Gratis

bmtnujatim.com (28-01-2019). Hari Minggu kemaren pada tanggal (27-01-2019) BMT NU Jawa Timur mengadakan RAT  area Kabupaten Sumenep yang bertempat di Aula Kemenag JL.KH Agus  Salim No. 286 di Sumenep. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh jajaran Direksi BMT NU, seluruh Pengelola Kantor cabang se Kabupaten Sumenep, Pengurus MWC NU Kabupaten Sumenep serta beberapa anggota BMT NU di masing-masing Kantor  Cabang se Kabupaten Sumenep. 

Pada hari Minggu tersebut sekaligus Launching Ambulance gratis yang bersumber dari dana Maal BMT NU Jawa Timur yang berasal dari Dana Waqaf. Ada 03 (tiga) Ambulance gratis yang di launching yang pertama milik Cabang Utama atau Gapura, yang kedua milik Cabang Batang-Batang, dan yang ketiga milik Cabang Manding. Launching Ambulance gratis dari kader NU  jalur BMT NU untuk ummat.

sejak 2017 BMT NU memiliki ikhtiar agar sukses di bidang sosial dan financial sebagaimana menjadi salah satu visi dan  misi BMT NU. sejak itulah gerakan baitul maal melalui program waqaf uang tunai dan infak harian di lakukan  secara serentak d seluruh kantor cabang.

Gerakan ini semakin massif  dilakukan  setelah pengelola mengikuti PKPNU. Hasilnya, BMT NU Cabang Gapura, C

KUNJUNGAN STUDY BANDING ASKOWANU JEPARA KE BMT NU JAWA TIMUR

bmtnujatim.com (15/01/19).Hari Sabtu kemaren (12/01/19) BMT NU Jawa Timur menerima kunjungan Study Banding dari Pengurus Askowanu Syari'ah Jepara. Kunjungan kali ini digelar di Ruang Meeting BMT NU Pusat sejak pukul 09.00 sampai  dengan 13.30 WIB yang dipimpin oleh Bapak Moh. Faiz selaku Divisi Lasisma  untuk mengatur jalannya acara.Turut hadir pula dalam acara kegiatan ini Pengurus MWC NU Kecamatan Gapura baik dari jajaran Syuriah maupun Tanfidziyah.

Dalam hal ini, Bapak Sukardi, M.Pd selaku ketua Pengurus Askowanu Syari'ah Jepara, menjelaskan maksud dan tujuan dalam dilakukannya kunjungan ini, bukan untuk study banding yang sifatnya membandingkan antara satu dengan lainnya. melainkan mengaji dan mengkaji kepada BMT NU atas kesuksesan yang diraih oleh BMT NU Jawa Timur yang awal hanya Rp. 400.000 hingga saat ini melejit dengan aset menjadi 222 Milyard.

 

"Dalam Hal inilah, menjadi keharusan bagi kami selaku Perwakilan dari Pengurus Askowanu Jepara untuk menimba ilmu kepada BMT NU , khususnya di bidang ekonomi serta manajemen dari BMT NU Jawa Timur dan bagaimana BMT NU mengelola semua potensi yang ada untuk diterapkan di Askowanu Jepara. Sehingga Kunjungan Kerja ini dapat memberikan ilmu kep

AWAL 2019 BMT NU JAWA TIMUR KEMBALI MENGADAKAN TES CALON PENGELOLA CABANG

 

bmtnujatim.com (12-01-2019). Hari Kamis (10-12-2019) BMT NU Jawa Timur kembali menyelenggarakan Tes Seleksi Calon Pengelola Cabang Kota dan Lenteng  yang bertempat di BMT NU Pusat Jawa Timur jam 09.00 sampai selesai di Jl. Raya Gapura.

Dalam test calon pengelola kali ini, diikuti oleh sebanyak 38 orang peserta. Ini merupakan test calon pengelola diawal tahun 2019. Masing-masing peserta sudah memenuhi persyaratan wajib untuk mengikuti Tes Calon Pengelola BMT NU.Sama seperti sebelumnya, dalam Tes Calon Pengelola BMT NU ada dua tahap. Pertama, Tes Tulis dan yang kedua Tes Interview. Kedua Tes ini wajib diikuti oleh Calon Pengelola BMT NU yang ingin lulus Seleksi. Dalam hal ini, hanya peserta terbaik dari Tes Tulis yang akan dipanggil untuk test interview. Dalam test tulis ini hanya ada beberapa peserta yang akan dipanggil untuk mengikuti tes Interview dan setelah itu, akan kami seleksi lagi untuk mendapatkan pengelola yang benar-benar berkarakter Pejuang Mengabdi tanpa Batas dan Melayani dengan Ikhlas terhadap BMT NU. Ucap Bapak Zubaidi selaku Direktur Operasional dan SDI.

Tujuan dilakukannya seleksi calon pengelola ini juga bertujuan untuk "Mencari pengelola Anggun dalam melayani dan unggul dalam kinerja serta berkarakter pejuang".pungkasnya yang akrab disapa Pak Zubed.(Neila/Baidi)

BMT NU MUDAHKAN MASYARAKAT PENERIMA PKH

bmtnujatim (25/12/2018). Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan sebuah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat. Biasanya penyaluran bantuan PKH diberikan bertahap dalam setiap tahun dan pengambilannya harus dilakukan di Bank Mandiri.

Akan tetapi kali ini, melalui kerjasama BMT NU Jawa Timur dengan Bank MANDIRI membuka layanan jasa yang akan memudahkan masyarakat KPM melakukan pengambilan PHK. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Masnawi, selaku Direktur Keuangan mengatakan "untuk selanjutnya, masyarakat terutama dari pelosok Desa tidak perlu jauh-jauh datang ke Kota untuk mengambil bantuan PKH, akan tetapi cukup datang ke Kantor Cabang BMT NU dan SWALAYAN NU terdekat di Kabupaten Sumenep." Paparnya kepada staff Aduinfo.

"Alhamdulillah, kerjasama yang diajukan sejak Agustus, akhirnya di Desember ini terealisasi. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat umum khususnya bagi masyarakat di Sumenep". Lanjutnya.

Sebagaimana tagline BMT NU yang selalu 'Menebar manfaat dan berbagi Keuntungan' bagi ummat, khususnya bagi masyarakat menengah kebawah. Dan Layanan PKH ini akan segera diberlakukan mulai bulan Januari 2019 mendatang. (Liha)

DI AKHIR TAHUN, BMT NU LAKUKAN TES CALON PENGELOLA

bmtnujatim (25/12/2018). BMT NU Jawa Timur selenggarakan tes calon pengelola hari ini (Selasa, 25/12/2018) yang bertempat di Kantor BMT NU Pusat Jawa Timur dari jam 09.00 Wib sampai selesai.

Dalam tes calon pengelola kali ini, diikuti oleh sebanyak 122 orang peserta. Ini merupakan pertama kalinya peserta tes calon pelola BMT NU membeludak hingga penuhi ruang tes.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Zubaidi selaku Direktur Operasional & SDI mengatakan "Peserta tes calon pengelola kali ini jauh dari prediksi, diperkirakan sedikit karena waktu rekruitment sangat singkat yaitu dari tgl 19-22 Desember 2018. Apalagi melihat keadaan cuaca yang mendung dengan sedikit gerimis. Namun, kenyataannya peserta yang hadir sangat banyak sampai 122 dari 150 peserta yang melamar. Dan kami sampaikan banyak terimakasih kepada peserta yang telah ikut serta dalam rekruitmen dan tes kali ini." Pungkasnya.

"Sama pula dengan tes seleksi Calon Pengelola sebelumnya, tujuan dari kegiatan ini ialah guna memperoleh Calon Pengelola yang memiliki Integritas, Loyalitas serta berkarakter Pejuang Ekonomi Syari'ah bukan berkarakter Pekerja." Lanjut yang akrab disapa dengan Bapak Zubed ini.

Seperti Tes Seleksi sebelumnya, dalam Tes Seleksi kali ini ada dua tahap yaitu Tes Tulis dan Tes Inter

BMT NU JAWA TIMUR KEMBALI LAUNCHING CABANG KE 48 dan 49

bmtnujatim.com (20/12/2018). Seminggu yang lalu BMT NU gelar launching Cabang Cermee Bondowoso (Rabu, 12/12/2018), sedangkan hari ini, Kamis (20/12/2018) dalam sehari BMT NU Jawa Timur kembali gelar launching dua Cabang sekaligus yaitu Cabang Banyuates Sampang dan Cabang Sepulu Bangkalan. Acara launching Cabang Banyuates Sampang berlangsung tadi pagi jam 08.00 WIB, sedangkan di Cabang Sepulu Bangkalan jam 14.00 WIB.

Menurut Ketua PCNU Sampang KH. Itqan Busyiri dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau sangat berterimakasih dan mendukung pendirian kantor BMT NU Cabang Banyuates bahkan beliau mendorong dan mengharap agar seluruh MWC NU di Sampang dapat segera didirikan kantor Cabang BMT NU.

Hal ini, sesuai dengan yang disampaikan oleh Direktur Utama BMT NU yang akrab disapa Bapak Yudi juga menuturkan bahwa, "Kehadiran BMT NU selain untuk mewujudkan kemandirian NU baik secara jam'iyyah dan jamaah, juga bertujuan untuk memberantas praktik rentenir dan ribawi." Tuturnya sekaligus memaparkan produk-produk BMT NU. "Dan dalam rangka menuju kebangkitan NU jilid ke II bersamaan dengan 100 tahunnya NU, maka BMT NU mempunyai ikhtiyar pada Tahun 2026 sudah memiliki 100 kantor cabang Se-Jawa Timur." Harapnya.