KADO TERINDAH DI BULAN BERSEJARAH

Bulan Juli merupakan bulan yang tidak bisa dilupakan oleh segenap Pengurus, Direksi, dan Pengelola BMT NU JATIM. Pada bulan tersebut, tepatnya pada tanggal 01 Juli 2004, sejarah BMT NU dimulai. Dengan perjalanan yang cukup terjal dan berliku, BMT NU mampu melewati semua rintangan yang hingga saat ini, tepat pada tanggal 01 Juli 2019 sudah berusia 15 tahun.

            Menariknya, tepat pada bulan Juli juga, BMT NU menerima penghargaan dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur sebagai BMT NU Terbaik Pertama pada acara PWNU JATIM AWARD 2019. Penghargaan ini melengkapi beberapa penghargaan yang sudah diraih BMT NU sebelumnya, mulai dari tingkat propinsi sampai tingkat nasional. “Penghargaan ini adalah salah satu bukti bahwa BMT NU GAPURA, yang sekarang bernama BMT NU JAWA TIMUR, memang memiliki sumbangsih nyata terhadap NU, baik secara jam’iyah maupun jamaah, khususnya dalam membantu kemandirian NU. Dan kami rasa penghargaan ini sangat berarti dan bermakna bagi eksistensi BMT NU, sekaligus sebagai kado terindah di Hari Jadi BMT NU JAWA TIMUR yang ke-15 ini”. Kata Plt. Direktur Utama BMT NU JATIM, Bapak Hendri Hendarto, ketika dihubungi setelah acara penganugerahan PWNU JATIM AWARD 2019.

         &nbs

MENUJU 100 CABANG BMT NU LAUNCHING 4 KANTOR CABANG SEKALIGUS

Salah satu misi yang dicanangkan BMT NU JATIM adalah memiliki 100 kantor cabang pada tahun 2026, dengan harapan hal ini sebagai hadiah terindah dalam memperingati hari jadi Nahdlatul Ulama yang ke-100 tahun. Langkah-langkah progress terus dilakukan oleh manajemen BMT NU JATIM, mulai dari character building education, perbaikan-perbaikan SOP dan SOM yang sesuai dengan perkembangan zaman dengan tidak menghilangkan nilai-nilai syari’ah, serta tak kalah penting adalah pembukaan kantor-kantor cabang baru.

          

  Pada bulan juni 2019, dengan kerja yang cukup marathon, BMT NU JATIM berhasil me-launching 4 kantor cabang di empat Kabupaten. Yaitu Kantor Cabang Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep, Kantor Cabang Sampang Kota Kabupaten Sampang, Kantor Cabang Klampis Kabupaten Bangkalan, dan Kantor Cabang Grujugan Kabupaten Bondowoso. Menariknya lagi, dalam me-launching 4 Kantor Cabang tersebut hanya dilakukan dalam 7 hari, ”Demi mempersembahkan kado bermakna dalam memperingati hari jadi 1 abad Nahdlatul Ulama, kami terus berupaya agar pada tahun 2026 dimana Nahdlatul Ulama genap berusia 100 tahun, BMT NU JATIM bisa memiliki 100 cabang. Inilah salah satu bukti tekad pengabdian

RATUSAN JUTA BHR MERIAHKAN MOMEN IDUL FITRI 1440 H

Sebagai salah satu bentuk antusiasme meraih kebarokahan pada hari kemenangan ini, BMT NU JATIM memberikan Bingkisan Hari Raya (BHR) kepada pengawas, anggota, mitra,dan partisipan yang membantu dalam pengembangan BMT NU JATIM dengan jumlah keseluruhan mencapai Rp. 168.300.000,- (seratus enam puluh delapan juta tiga ratus ribu rupiah). Jajaran Pengurus dan Direksi BMT NU JATIM berharap BHR tersebut bermanfaat dan barokah, sehingga bisa turut serta hadir dalam berbagi kebahagiaan.

            Selanjutnya, dalam kesempatan yang berbahagia ini keluarga besar BMT NU Jawa Timur juga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 H. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Direktur Utama BMT NU Jawa Timur, Bapak Masyudi, S.Ag., “Keluarga Besar KSPPS. BMT NU Jawa Timur mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, minal aidin wa faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga di hari kemenangan nan suci ini, kita semua benar-benar bisa meraih kemenangan secara lahir dan batin pula. Serta semoga kita semua senantiasa selalu diberi kemampuan untuk selalu menebar manfaat dan berbagi keuntungan antar sesama, dengan harapan bisa berjumpa kembali di hari raya Idul Fitri berikutnya”.

            Kemudia

BERBAGI 3.000 SANTUNAN DI BULAN TUNTUNAN

           

Sebagaimana tahun - tahun sebelumnya, kali ini BMT NU JATIM hadir kembali ditengah-tengah masyarakat untuk berbagi kebahagian dengan kaum dhuafa’ dan anak yatim agar  memperoleh keberkahan bulan Ramadlan yang merupakan bulan tuntunan yang penuh barokah dan maghfiroh. Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh Kantor Cabang BMT NU Jawa Timur sebagai bentuk tanggung jawab kepada anggota dan mitra yang sudah menyumbangkan sebagian Bagi Hasil Usahanya untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Dana Sosial yang akan diberikan Sebesar Rp. 190.050.000 dan akan diberikan kepada sekitar 3000 Anak Yatim dan Kaum Dhuafa.

            Pemberian santunan ini manfaatnya sangat dirasakan betul oleh masyarakat, seperti diungkapkan oleh ibu Hernik ibu dari saudari Reyhan Dari Sumberasih Probolinggo, menyatakan. "Alhamdulillah dibulan ramadhan kali ini kami mendapatkan rezeki dari BMT NU Sumberasih. tidak hanya santunan kepada anak saya, melainkan bmt juga memberikan pembiayaan / pinjaman dengan jasa se ikhlasnya sehingga saya bisa berdagang untuk menafkahi kedua anak saya yang masih membutuhkan biaya pendidikan dan lain²"

 &n

BERKAH LASISMA DULU BURUH KINI BOS

         

LASISMA (Layanan Berbasis Jamaah) adalah salah satu produk unggulan BMT NU JATIM yang berupa pembiayaan berkelompok tanpa agunan, salah satu kegiatannya ialah adanya DIKDAS (pendidikan dasar) bagi setiap anggota Lasisma selama kurang lebih 3 (tiga) hari. Dan dari DIKDAS inilah akan terbangun komitmen, kehormonisan, serta hubungan emosional yang kuat antar sesama anggota. Terbangunnya fondasi yang kuat akan menghasilkan kelompok yang berkualitas dari segi pertemuan maupun segi angsurannya. Dan ketika hal ini sudah tercipta, maka keberkahan dari program Lasisma akan tampak.

Hal ini seperti terjadi pada salah satu anggota BMT NU JATIM di cabang Bungatan-Situbondo. Ia merupakan karyawan di salah satu perusahaan udang terbesar di Situbondo, dan menempati jabatan yang lumayan baik dibandingkan beberapa karyawan lainnya. Berawal dari keinginannya untuk mendapatkan pinjaman modal, dia bergabung dalam program Lasisma BMT NU JATIM. Pada dikdas pertama dan kedua berjalan sesuai rencana, namun saat dikdas terakhir di hari ketiga, ia mengajukan izin kepada team dikdas yang pada hari itu langsung dihadiri oleh Manager Area Kab. Situbondo Bapak Syaifullah, S.Kom. Namun nahas bagi ibu Sumiyati, ia tidak diberi izin oleh Manajer Area karena kekompakan kelompok merupakan komitmen La

BMT NU JAWA TIMUR LAKUKAN TEST CALON PENGELOLA

bmtnujatim.com. BMT NU Jawa Timur kembali menyelenggarakan tes tulis  Calon Pengelola di beberapa kantor cabang yang pada bulan sebelumya melakukan rekrutment. Tes tulis kali ini (07-05-2019) merupakan seleksi calon pengelola Area Sumenep yang terdiri dari cabang Manding, Batuputih, Dungkek,  Gapura yang bertempat di ruang meeting lantai atas BMT NU Jawa Timur, sedangkan untuk cabang Pragaan, pasongsongan, dan saronggi bertempat di cabang setempat.

Tidak hanya di Area Sumenep yang melakukan tes tulis, Area Jember yang terdiri dari Cabang Tanggul, kalisat, dan sumbersari juga melakukan acara yang sama bertempat di kantor cabang setempat. Dan juga Area Probolinggo yang bertempat di Cabang Sumberasih.

Kegiatan ini serantak dilaksanakan pada jam yang sama 09.00-12.00 Waktu setempat.

Untuk besok Rabu, (08/05/2019) akan melaksanakan hal yang sama di area pamekasan, Sampang, Bangkalan, Situbondo, dan Bondowoso pada jam 09.00-12.00 waktu setempat.

Dalam Tes Calon Pengelola BMT NU ada dua tahap. Pertama, Tes Tulis dan yang kedua Tes Interview. Kedua Tes ini wajib diikuti oleh Calon Pengelola BMT NU yang ingin lulus Seleksi.