Jelang Keberangkatan Jamaah, BMT NU Jatim Bimbing Manasik Umrah

bmtnujatim.com - Menjelang keberangkatan jamaah umrah Desember mendatang, BMT Nuansa Umat Jawa Timur laksanakan manasik umrah yang bertempat di Aula Bintang Sembilan Kantor Pusat BMT NU, Ahad (26/11/2023).

Manasik tersebut diikuti oleh calon jamaah asal Sumenep dengan materi yang disampaikan langsung oleh Direktur Utama BMT NU Jawa Timur, H. Masyudi Kanzillah. Manasik umrah dibagi tiga tahap diantaranya di Sumenep, Pamekasan dan Jember.

Dalam materinya beliau berpesan agar jamaah mulai mempersiapkan hal apapu yang akan dibawa, menata niat dan menjaga kesehatan lahir batin demi kelancaran ibadah di Mekah dan Madinah.

"Mulai tata niat dan hati, jaga kesehatan lahir dan batin sebagai bekal menuju tanah suci," dawuhnya.

"Jauhkan diri dari hal-hal negatif, semakin kuatkan niat untuk menjadi tamu Allah, karena semua yang ada di ruangan ini adalah orang-orang pilihan yang beruntung bisa beribadah di Mekah dan Madinah," imbuhnya.

Dalam kesempata

10 Tahun Bermanfaat, BMT NU Cabang Manding Santuni Anak Yatim

bmtnujatim.com - Sejak berdiri pada tahun 2013, KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Manding Sumenep kini genap berusia 10 tahun.

Atas pencapaian usianya yang ke-10, BMT NU Cabang Manding selenggarakan tasyakuran yang diisi dengan tawassul dan istighatsah serta santunan untuk anak yatim, Senin (13/11/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Manager Area Sumenep 2, Pengawas dan seluruh pengelola BMT NU Cabang Manding beserta keluarganya. Konsep acara diawali dengan istighatsah yang dipimpin oleh Kiai Hosni Aziz.

Dalam kesempatan ini Manager Area Sumenep 2, Moh. Latip menegaskan bahwa kantor cabang binaannya itu tidak berdiri sendiri melainkan ada partisipasi dan dukungan dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Kantor BMT NU Cabang Manding tidak serta merta berdiri sendiri melainkan ada sangkut-pautnya dengan beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat supaya pengelola mengenal terhadap orang-orang yang berkontribusi dalam perkembangan BMT NU Cabang Manding," tegas pria yang akrab disapa Latip itu.

Ia juga berharap agar pengelola tetap ingat sejarah dan BMT NU Ca

Kisah Haru Ibu Tirahma, Miliki Rumah Layak Huni Berkat BMT NU Jatim

bmtnujatim.com - KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur kembali melakukan peresmian Rumah Sederhana yang merupakan program maal dan berlangsung sejak tahun 2023, Selasa (7/11/2023).

Kali ini, seorang ibu sebatang kara yang beralamat di Dusun Larangan Desa Tengghun Dajah Kecamatan Klampis Bangkalan mendapat bantuan rumah dari BMT NU sebab nasibnya yang kurang beruntung.

Adalah Ibu Tirahma yang hidup bersama keponakannya yang ditinggalkan oleh orang tuanya merantau. Rumahnya sudah tidak layak untuk ditinggali.

Manager Area Bangkalan I, Faisol Koroni menceritakan bahwa keseharian Ibu Tirahma hanya membantu tetangga dan berharap ada tetangga yang bisa memberinya uang atau makanan untuk dikonsumsi.

"Setiap hari Ibu Tirahma membantu tetangga dengan berharap sesuap nasi dan sepeser uang untuk menyambung hidup, jika tidak dapat bantuan dari tetangga maka ia akan bekerja mengumpulkan batu kerikil untuk dijual," ujar pria yang akrab disapa Afron itu.

Afron juga berharap semoga ini menjadi awal pertama yang baik dan bisa diselenggarakan di semua kecamatan yang memilik

Akhirnya Ibu Holifah Mendapat Tempat yang Aman dan Nyaman dari BMT NU Jatim

bmtnujatim.com - Peresmian Rumah Sederhana kembali terealisasi di Kabupaten Jember yang dilakukan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember, KH. Mukid Arif, Selasa (7/11/2023).

Tidak jauh berbeda dengan penerima yang lain, Ibu Holifah adalah salah satu perempuan yang ditakdir mendapatkan bantuan rumah dari BMT Nuansa Umat Jawa Timur.

Rumah yang baru diresmikan itu adalah harta berharga bagi ibu dengan lima orang anak yang hidup sendirian dan tidak memiliki rumah layak sebelumnya.

Diceritakan, Ibu Holifah bersama lima orang anaknya hidup tanpa suami dan bekerja sebagai buruh lepas untuk menyambung hidup karena dua orang anaknya masih berada di usia pendidikan dan si bungsu masih balita.

Anak pertama dan kedua terpaksa harus putus sekolah untuk bekerja membantu mencukupi kebutuhan keluarganya.

Nasib hidup yang kurang baik itu akhirnya berbuah manis dengan mendapatkan bantuan rumah yang bisa menjadi tempat aman dan nyaman bagi Ibu Holifah dan keluarganya.

Saat peresmian, Ibu Holifah terlihat sangat bahagia karena akan beristiraha

BMT NU Jatim Beri Hadiah Umrah untuk Juara MQK Hari Santri 2023 PCNU Sumenep

bmtnujatom.com - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep menyelenggarakan Puncak Hari Santri Nasional 2023 yang bertempat di Graha Adi Poday Sumenep, Selasa (31/10/2023).

Dalam hal ini, KSSP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur ikut berpartisipasi dan mengapresiasi juara Musabaqah Qiraatul Kitab (MQK) dengan mempersembahkan 1 paket umrah bagi juara 1 lomba MQK.

Secara simbolis 1 paket umrah terseut diserahkan langsung oleh Direktur Utama BMT NU Jawa Timur, H. Masyudi Kanzillah didampingi oleh Sekretaris, Deni Firdaus kepada Misbahuddin.

Misbahuddin adalah delegasi MWC NU Guluk-Guluk dalam ajang lomba MQK yang diselenggarakan dalam pekan HSN 2023 PCNU Sumenep. Ia terlihat bahagia saat menerima hadiah tersebut.

H. Masyudi mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi juara MQK dan sengaja menghadiahinya 1 paket umrah dengan tujuan agar gairah para santri dalam belajar dan memahami kitab kuning semakin meningkat.

“1 paket umrah ini kami persembahkan untuk juara 1 MQK dengan tujuan agar gairah para santri dalam belajar dan memahami kitab kuning semakin meningkat karena sejatinya kitab kuning merup

Jalankan Program Maal, BMT NU Bantu Pembangunan Masjid

 

bmtnujatim.com - KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tambelangan Sampang turut hadir dalam pembangunan kamar mandi dan menara Masjid Al-Hidayah Dusun Seloros Desa Birem Kecamatan Tambelangan, Jumat (27/10/2023).

Kepala BMT NU Cabang Tambelangan, Mohammad Zaini mengatakan bahwa pihaknya merasa sangat senang bisa terlibat dalam program-program maal.

Bantuan atas Masjid Al-Hidayah tersebut berupa semen 20 sak yang diserahkan langsung kepada Takmir Masjid, Kiai Ihyak.

"Semoga setelah penyaluran dana Waqaf ini mampu memberikan inspirasi untuk pihak lain agar ikut membantu pembangunan masjid Al-Hidayah," harap Zaini.

Selain itu ia juga ingin membuktikan bahwa dana maal yang dihimpun oleh BMT NU akan disalurkan untuk kemaslahatan umat.

"Dana maal BMT NU bersumber dari umat dan akan kami kembalikan juga untuk kemaslahatan umat," tambah pria pimpinan Cabang Tambelangan itu.

Dalam hal ini, Kiai Ihyak merasa sangat bersyukur atas dana Waqaf dari BMT NU yang berarti menjadi salah satu cara

Hadapi Musim Hujan, BMT NU Layani Kampung Berseri

bmtnujatim.com - KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Banyuputih Situbondo kembali salurkan dana waqaf program Kampung Berseri, Kamis (26/10/2023).

Bantuan berupa 30 buah batu paras untuk plengsengan jalan di Dusun Blangguan Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih yang diserahkan oleh Kepala BMT NU Cabang Banyuputih. Sudiono bersama Bagian Tabungannya.

Sudiono menceritakan bahwa di daerah tersebut merupakan daerah dengan kondisi tanah yang tidak mudah menyerap air pada saat musim hujan. Demi kenyamanan bersama, masyarakat setempat bergotong-royong melakukan perbaikan jalan menghadapi musim hujan untuk mencegah terjadinya genangan yang dapat mengganggu aktivitas pengguna jalan.

“Ini demi kenyamanan bersama, agar pengguna jalan tetap lancar beraktivitas pada saat musim hujan, semoga bantuan ini bermanfaat,” ujar Sudiono.

“Sebelumnya Kepala Dusun bersa

IST Annuqayah Sambut Baik Kemitraan dengan BMT NU Jatim

bmtnujatim.com - KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur kembali menyerahkan uang pembinaan untuk wisudawan terbaik Institut Sains dan Teknologi Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Kamis (26/10/2023).

Sehari sebelumnya, BMT NU juga menyerahkan uang pembinaan untuk mahasiswa berprestasi Institut Ilmu Keislaman Annuqayah senilai Rp. 14.000.000 yang diserahkan langsung oleh Direktur Utama, H. Masyudi Kanzillah.

Hari ini, momentum wisuda pertama di IST Annuqayah, Sekretaris BMT NU Jawa Timur Deni Firdaus menyerahkan uang senilai Rp. 1.000.000 kepada Rektor IST Annuqayah, Dr. H. Mohammad Hosnan.

"Kami (IST Annuqayah) merasa sangat gembira dan berterima kasih kepada BMT NU yang telah memberikan uang pembinaan kepada wisudawan terbaik angkatan pertama ini," dawuh Kiai Hosnan saat dihubungi melalui WhatsApp oleh tim media BMT NU.

Beliau juga menegaskan bahwa BMT NU telah menjadi mitra bagi IST Annuqayah sejak awal pendirian pada tahun 2018.

"Sejak awal IST Annuqayah berdiri, BMT NU telah menjadi mitra bagi kami dan terus bersinergi dalam pengembangan kapasitas kelem

BMT NU Jatim Peduli Pendidikan, Gelontorkan Dana Rp 3.3 M untuk Beasiswa

bmtnujatim.com - KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur memberikan uang pembinaan kepada sejumlah mahasiswa berprestasi di Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-Guluk, Sumenep, Jawa Timur. Rabu, 25 Oktober 2023. 

Uang pembinaan senilai Rp 14 juta tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur H. Masyudi Kanzillah kepada Rektor Instika, Drs. KH Ah Syamli, M. Pd. I di momen Wisuda ke XXV Tahun 2023. 

H. Masyudi, sapaan lekatnya mengatakan, bahwa penyerahan uang pembinaan itu merupakan wujud kepedulian KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur terhadap masa depan pendidikan generasi muda. Menurutnya giat ini sudah dilakukan sejak 2008 silam hingga sekarang, dengan total lebih dari Rp. 3.3 Miliar. 

"Ini sebagai bukti kepedulian BMT NU terhadap masa  depan pendidikan generasi muda. Dan hal ini sudah dilakukan sejak tahun 2008. Sejak 2008 sampai dengan sekarang sudah berjumlah kurang lebih 3.3 miliar beasiswa yang kita berikan ke berbagai lembaga pendidikan," ujarnya. 

Dirinya pun berharap, dana tersebut bisa melecutkan semangat para insan akademisi untuk

Alhamdulillah, 187 Jamaah Umrah BMT NU Jatim Sampai dengan Selamat

Direktur Utama KSPP Syariah BMT Nuansa Umat Jawa Timur, H. Masyudi Kanzillah melakukan penyambutan 187 jamaah Umrah yang sudah tiba di tanah air dalam keadaan selamat, sehat wal afiat. Rabu, 18 Oktober 2023. 

Kini, mereka masih menginap di Hotel ASMI Sumenep dan akan dijemput oleh keluarga masing-masing pada Kamis besok, 19 Oktober 2023 secara bertahap. 

Diberitakan sebelumnya, bahwa pemberangkatan jamaah umrah BMT NU Jawa Timur ini terbagi dalam dua segmen. Segmen pertama yakni paket 16 hari dan segmen kedua paket 20 hari. Khusus yang paket 16 hari sudah tiba beberapa waktu lalu.

Direktur Utama KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur memastikan bahwa seluruh jamaah dapat kembali ke kediaman masing-masing dalam keadaan sehat. Baginya, uang senilai Rp. 32 juta terasa sedikit bila dibandingkan dengan betapa bahagianya tiba di Madinah dan Mekah. 

"Seluruh jamaah umrah, 187 jamaah pulang dalam kondisi sehat, kembali ke rumah masing-masing. Uang 32 juta terasa sedikit jika kita sudah tahu bagaimana bahagianya beribadah di Madinah dan Mekah," ungkapnya usai melakukan penjemputan di Hotel ASMI Sumenep, Rabu, 18