BMT NU MUDAHKAN MASYARAKAT PENERIMA PKH

bmtnujatim (25/12/2018). Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan sebuah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat. Biasanya penyaluran bantuan PKH diberikan bertahap dalam setiap tahun dan pengambilannya harus dilakukan di Bank Mandiri.

Akan tetapi kali ini, melalui kerjasama BMT NU Jawa Timur dengan Bank MANDIRI membuka layanan jasa yang akan memudahkan masyarakat KPM melakukan pengambilan PHK. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Masnawi, selaku Direktur Keuangan mengatakan "untuk selanjutnya, masyarakat terutama dari pelosok Desa tidak perlu jauh-jauh datang ke Kota untuk mengambil bantuan PKH, akan tetapi cukup datang ke Kantor Cabang BMT NU dan SWALAYAN NU terdekat di Kabupaten Sumenep." Paparnya kepada staff Aduinfo.

"Alhamdulillah, kerjasama yang diajukan sejak Agustus, akhirnya di Desember ini terealisasi. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat umum khususnya bagi masyarakat di Sumenep". Lanjutnya.

Sebagaimana tagline BMT NU yang selalu 'Menebar manfaat dan berbagi Keuntungan' bagi ummat, khususnya bagi masyarakat menengah kebawah. Dan Layanan PKH ini akan segera diberlakukan mulai bulan Januari 2019 mendatang. (Liha)

DI AKHIR TAHUN, BMT NU LAKUKAN TES CALON PENGELOLA

bmtnujatim (25/12/2018). BMT NU Jawa Timur selenggarakan tes calon pengelola hari ini (Selasa, 25/12/2018) yang bertempat di Kantor BMT NU Pusat Jawa Timur dari jam 09.00 Wib sampai selesai.

Dalam tes calon pengelola kali ini, diikuti oleh sebanyak 122 orang peserta. Ini merupakan pertama kalinya peserta tes calon pelola BMT NU membeludak hingga penuhi ruang tes.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Zubaidi selaku Direktur Operasional & SDI mengatakan "Peserta tes calon pengelola kali ini jauh dari prediksi, diperkirakan sedikit karena waktu rekruitment sangat singkat yaitu dari tgl 19-22 Desember 2018. Apalagi melihat keadaan cuaca yang mendung dengan sedikit gerimis. Namun, kenyataannya peserta yang hadir sangat banyak sampai 122 dari 150 peserta yang melamar. Dan kami sampaikan banyak terimakasih kepada peserta yang telah ikut serta dalam rekruitmen dan tes kali ini." Pungkasnya.

"Sama pula dengan tes seleksi Calon Pengelola sebelumnya, tujuan dari kegiatan ini ialah guna memperoleh Calon Pengelola yang memiliki Integritas, Loyalitas serta berkarakter Pejuang Ekonomi Syari'ah bukan berkarakter Pekerja." Lanjut yang akrab disapa dengan Bapak Zubed ini.

Seperti Tes Seleksi sebelumnya, dalam Tes Seleksi kali ini ada dua tahap yaitu Tes Tulis dan Tes Inter

BMT NU JAWA TIMUR KEMBALI LAUNCHING CABANG KE 48 dan 49

bmtnujatim.com (20/12/2018). Seminggu yang lalu BMT NU gelar launching Cabang Cermee Bondowoso (Rabu, 12/12/2018), sedangkan hari ini, Kamis (20/12/2018) dalam sehari BMT NU Jawa Timur kembali gelar launching dua Cabang sekaligus yaitu Cabang Banyuates Sampang dan Cabang Sepulu Bangkalan. Acara launching Cabang Banyuates Sampang berlangsung tadi pagi jam 08.00 WIB, sedangkan di Cabang Sepulu Bangkalan jam 14.00 WIB.

Menurut Ketua PCNU Sampang KH. Itqan Busyiri dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau sangat berterimakasih dan mendukung pendirian kantor BMT NU Cabang Banyuates bahkan beliau mendorong dan mengharap agar seluruh MWC NU di Sampang dapat segera didirikan kantor Cabang BMT NU.

Hal ini, sesuai dengan yang disampaikan oleh Direktur Utama BMT NU yang akrab disapa Bapak Yudi juga menuturkan bahwa, "Kehadiran BMT NU selain untuk mewujudkan kemandirian NU baik secara jam'iyyah dan jamaah, juga bertujuan untuk memberantas praktik rentenir dan ribawi." Tuturnya sekaligus memaparkan produk-produk BMT NU. "Dan dalam rangka menuju kebangkitan NU jilid ke II bersamaan dengan 100 tahunnya NU, maka BMT NU mempunyai ikhtiyar pada Tahun 2026 sudah memiliki 100 kantor cabang Se-Jawa Timur." Harapnya.

BMT NU GELAR LAUNCHING CABANG CERMEE BONDOWOSO

bmtnujatim.com(13/12/2018). Hari ini (Kamis, 13/12/2018) BMT NU Jawa Timur selenggarakan launching Cabang yang ke-47 yaitu Kantor Cabang Cermee Kabupaten Bondowoso setelah Cabang Randuagung Kabupaten Lumajang.

Ketua MWC NU Cermee KH. Faidlul Mannan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama dan para Direksi BMT NU Jawa Timur atas restu dan kepercayaannya untuk membuka cabang BMT NU di MWC NU Cermee. Semoga dengan kehadiran BMT NU memberikan barokah dan manfaat untuk warga Nahdliyyin dan Nahdliyyat bagi masyarakat di lingkungan MWC NU Cermee.

Dalam hal ini pula, Direktur Utama yang akrab disapa Bapak Yudi juga menuturkan bahwa, "Kehadiran BMT NU ini, selain untuk mewujudkan kemandirian NU baik secara kelembagaan dan individu (warga NU), juga bertujuan untuk memberantas praktik rentenir dan ribawi." Tuturnya sekaligus memaparkan produk-produk BMT NU. "Dan dalam rangka menuju kebangkitan NU jilid ke II bersamaan dengan 100 tahunnya NU, maka BMT NU mempunyai ikhtiyar memiliki 100 cabang Se-Jawa Timur." Lanjutnya.

Sementara itu, Ketua PC NU KH. Abdul Qodir Syam mengajak seluruh warga, khususnya warga NU unt

PESERTA DIKLAT BMT NU JAWA TIMUR LAKUKAN GREBEK PASAR DAN DESTINASI WISATA RELIGI

bmtnujatim (03-12-2018). Hari terakhir pelaksanaan diklat calon pengelola BMT NU Jawa Timur melakukan grebek pasar sebagai bentuk praktek nyata dari materi Strategi Pemasaran Funding & Lending. Selain itu, juga untuk mengenalkan produk-produk BMT NU Jawa Timur, baik dari Funding (simpanan), Lending (pembiayaan), dan Jasa yang berlangsung hari Minggu (02/12/2018) kemarin.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Hendri Hendarto selaku Direktur Bisnis dan Kepatuhan sekaligus penanggung jawab dari kegiatan ini, ia mengatakan bahwa kegiatan grebek pasar di bagi menjadi tiga kelompok yaitu: Area Pasar Anom, Area Pasar Bangselok dan Area Pasar Bangkal. Setiap kelompok terdiri dari beberapa tim yang berasal dari beberapa cabang calon pengelola baik yang berasal dari Madura atau luar Madura. Hal ini dilakukan untuk menjalin komonikasi dan keakraban diantara sesama pengelola BMT NU.

Kegiatan grebek pasar ini mendapat respon positif dari kalangan masyarakat meski dalam kurun waktu setengah hari dari jam 07.00-10.00 WIB. Banyak masyarakat yang berminat menjadi nasabah dan anggota di BMT NU sampai mencapai kurang lebih 50 orang perkelompok.

Tidak berhenti di situ, usai melakukan grebek pasar, peserta dik

BMT NU GELAR DIKLAT DAN OJT UNTUK CALON PENGELOLA BARU.

bmtnujatim.com (28-11-2018). Seperti yang dilakukan sebelumnya, setiap perencanaan launching kantor cabang baru, BMT NU terlebih dahulu selenggarakan diklat wajib bagi calon pengelola dari tiga Kabupaten yaitu dari Kecamatan Banyuates Sampang, Kecamatan Sepulu Bangkalan dan Kecamatan Cermee Bondowoso, yang dilaksakan langsung di Kantor Pusat BMT NU Jawa Timur.

Acara diklat ini diikuti oleh 31 peserta dari berbagai perwakilan cabang, baik dari Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Bondowoso.

Sebagaimana disampaikan dalam pra-acara diklat calon pengelola ini, Bapak Zubaidi selaku Direktur Operasional & SDI menjelaskan bahwa kegiatan diklat ini merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap calon pengelola BMT NU sebagai bekal pengetahuan dan pengalaman untuk mengetahui dan memahami tentang SOP, SOM, dan strategi untuk mengembangkan BMT NU kedepannya. Ia juga menjelaskan, acara diklat yang berlangsung selama tujuh hari ini diisi dengan materi dan dilanjut dengan On the Job Training (OJT) sesuai dengan kewajiban dan tanggung jawab yang diberikan.

Peserta diklat calon pengelola tampak antusias dalam mengikuti materi yang diberikan, seperti yang disampaikan oleh Maha salah satu peserta diklat BMT NU, ia mengatakan "Sanga

DALAM RENCANA PEMBUKAAN CABANG BARU, BMT NU JAWA TIMUR GELAR SOSIALISASI.

bmtnujatim.com (14/11/2018). Setelah jajaran direksi melakukan survei dan analisa potensi keuangan dan pasar selama tiga hari, BMT NU Jawa Timur juga menggelar sosialisasi tentang BMT NU Jawa Timur dalam rencana pembukaan cabang baru di Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep. Yang berlansung tadi malam (13/11/2018) dari jam 20:00 WIB sampai 22:00 WIB.

Kegiatan ini diawali dengan pemutaran video profil BMT NU Jawa Timur yang dipandu langsung oleh Direktur Utama BMT NU Jawa Timur Bapak Masyudi, S. Ag serta memaparkan sejarah berdirinya BMT NU dan Produk-Produk BMT NU, baik berupa Tabungan (Funding), Pembiayaan (Lending), dan Jasa.

Dilaksanakannya kegiatan ini, untuk memperkenalkan BMT NU dan produk-produk BMT NU terhadap masyarakat di Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep dan bertujuan untuk mengembangkan BMT NU Jawa Timur dengan men-syariah-kan masyarakan dalam bertransaksi di lembaga keuangan syariah.

Dalam kegiatan ini, selain dihadiri oleh Direktur Utama BMT NU Jawa Timur, juga Direktur Operasional dan SDI, Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Batuan dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PR NU).

Diakhir sosialisasi, Bapak Masyudi menyampaikan "Terima kasih atas kerja sama dan kepercayaan MWC NU Batuan kepada BMT NU Jawa Timur untuk membuka Cabang di Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep.&q

BMT NU JAWA TIMUR SALURKAN BANTUAN DANA 53 JUTA UNTUK KORBAN GEMPA SAPUDI DAN PALU.

bmtnujatim.com (10/11/2018). BMT NU Jawa Timur memberikan bantuan dana kepada korban gempa di Kepulauan Sapudi Kabupaten Sumenep dan Kota Palu Kabupaten Donggala senilai 53 Juta pada hari Minggu (04/11/2018) kemarin. Donasi ini dikumpulkan selama sepuluh hari dari pengelola, anggota, dan masyarakat.

Untuk korban di Kepulauan Sapudi Sumenep bantuan diberikan langsung kepada para korban. Seperti yang disampaikan oleh Nur Hayati salah satu perwakilan penyaluran dana untuk korban gempa di Sapudi sekaligus pengelola di BMT NU Cabang Sapudi Gayam menyampaikan bahwa "Bantuan ini diberikan langsung kepada para korban dengan mendatangi setiap rumah korban yang retak dan rusak. Dan alokasi bantuan sesuai dengan kondisi kerusakan yang dialami." Tegasnya kepada tim bmtnujatim.com lewat via telephone.

Sementara untuk korban di Palu dan Donggala BMT NU bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Sumenep yang diterima langsung oleh Abd. Hadi, S. Pd. I selaku direktur Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep.

"Selain untuk membantu meringankan beban, bantuan ini juga sebagai bentuk kepedulian BMT NU sebagai lembaga keuangan syari'ah yang tidak hanya bergerak di bidang keuangan akan tetapi juga bergerak di bidang sosial." Tutur Direktur Maal dan Umum Imam Asy'ari se